Sukabumi Update

Gegara Korek Api, Kebakaran Hanguskan Warung Milik Janda di Waluran Sukabumi

Kondisi warung milik warga Waluran Sukabumi yang alami musibah kebakaran gegara korek api. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran melanda satu unit warung atau kios kelontong milik Rohayani (65 tahun) warga di Kampung Babakan Rt 005 Rw 001 Desa Waluran Mandiri Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini hanya kerugian material mencapai Rp30 juta.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, musibah kebakaran yang melanda bangunan milik warga yang berstatus janda tersebut terjadi pada Kamis (20/4/2023) sekitar pukul 20.00 WIB. Api diduga bersumber dari Korek Api yang menyambar jerigen berisi bensin di lokasi kejadian.

"Telah terjadi kebakaran satu unit bangunan panggung/kios kelontongan berukuran 4 x 8 m yang diduga diakibatkan korek api dengan bensin," ujar Petugas Pusdalops PB BPBD Kabupaten Sukabumi Sandra Fitria dalam keterangan yang diterima sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Kebakaran di Restoran Mall Senayan City Jakarta, Pengunjung Panik Berlarian

Kronologi kejadian yang didapat berdasarkan penuturan korban atau pemilik toko, kata Sandra, pada saat kejadian korban sedang menyalakan korek api yang berdekatan dengan jerigen penyimpanan bensin, tiba-tiba menyambar dan titik api semakin membesar merambat kebangunan kios yang terbuat dari kayu.

"Setelah melihat kejadian tersebut kemudian korban berteriak meminta pertolongan warga sekitar," ungkap Sandra.

Sekitar pukul 20.50 WIB, api kemudian berhasil dipadamkan dengan bantuan warga sekitar menggunakan alat seadanya dengan kondisi bangunan kios habis terbakar.

"Dugaan sementara api berasal dari sambaran bensin pada saat menyalakan korek api. Tidak ada korban jiwa dan luka. Untuk kerugian yang diderita korban tercatat 30 juta rupiah," kata Sandra.

Setelah api berhasil padam, unsur Muspika Kecamatan Waluran, Pemdes, Karang Taruna Kecamatan, P2BK Kecamatan dan warga sekitar kemudian mengevakuasi sisa-sisa barang milik korban.

"P2BK kemudian mengumpulkan keterangan terhadap saksi dan membuat laporan," tandasnya.

Terpisah, Danposramil Waluran Pelda AR Nuryadin menambahkan dalam kejadian ini sepeda motor Honda Scoopy milik anak pemilik rumah juga turut hangus terbakar.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT