Sukabumi Update

Salat Id 21 April, Muhammadiyah Sukabumi Hargai Umat Islam yang Masih Puasa

Jemaah Muhammadiyah saat melaksanakan salat Idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriah di Jalan R Syamsudin SH, depan kampus UMMI pada Jumat (21/4/2023). | Foto: SU/Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Ribuan jemaah Muhammadiyah melaksanakan salat Idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriah di Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) pada Jumat (21/4/2023). Ada kurang lebih 3.500 warga Muhammadiyah yang terpantau memadati kampus UMMI, bahkan sebagian meluas hingga ke Jalan R Syamsudin SH.

"Hari ini 1 Syawal 1444 Hijriah yang diyakini oleh Muhammadiyah telah tiba. Kami warga Muhammadiyah beserta umat Islam yang lain melaksanakan salat Idulfitri berjemaah di kampus UMMI tercinta," kata Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Sukabumi Ade Rahmatullah kepada sukabumiupdate.com, selepas salat.

Ade mengungkapkan salat Idulfitri pada Jumat ini bukan untuk menonjolkan perbedaan dengan umat Islam lainnya yang baru akan melaksanakan salat Idulfitri pada Sabtu besok, 22 April 2023. Namun, kata dia, salat Idulfitri tersebut merupakan bakti dan khidmat atas keyakinan dirinya dan warga Muhammadiyah yang lain.

Baca Juga: Rayakan Idul Fitri Jumat 21 April, Inilah 16 Lokasi Pelaksanaan Salat Ied Warga Muhammadiyah Sukabumi

"Saya selaku PDM beserta seluruh pimpinan yang terlibat khidmat pada umat untuk melaksanakan salat Idulfitri. Ini khidmat kami, bakti kami kepada umat, bukan untuk menonjolkan diri berbeda. Ini hanya karena keyakinan kami terhadap apa yang kami yakini berdasarkan ilmu dan fikih," ujar Ade.

"Kami juga mengimbau rekan-rekan, jemaah, khususnya warga Muhammadiyah dan umat Islam yang berbuka hari ini, untuk tidak mengumbar futurnya, berbukanya di depan masyarakat yang masih melaksanakan saum," imbau dia.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo turut hadir dalam pelaksanaan salat Idulfitri tersebut. Dirinya mengatakan Polres Sukabumi Kota melakukan proses pengamanan salat Idulfitri yang dilaksanakan jemaah Muhammadiyah, sebagai tindak lanjut dari atensi pemerintah untuk memberikan keamanan dan kenyamanan.

"Hari ini kami dari Polres Sukabumi Kota menurunkan 64 personel. Kemudian ditambah dari TNI, Dishub, dan Banser, ikut mengamankan kegiatan ibadah," kata Ari.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT