Sukabumi Update

Arus Balik dari Pantai Melonjak, One Way Diterapkan di Simpang Gunung Butak Sukabumi

Polisi berlakukan skema one way atau satu arah di Simpang Pos Gunung Butak Palabuhanratu Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas Supendi)

SUKABUMIUPDATE.com - H+2 Lebaran, polisi terpaksa menerapkan sistem rekayasa lalu lintas one way atau satu arah balik di Pos Pam pertigaan Gunung Butak, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Senin (24/4/2023) sekitar pukul  18.00 WIB petang.

Kebijakan ini dilakukan karena terjadi peningkatan volume kendaraan wisatawan yang terus bergerak ke arah pulang dari objek wisata pantai Citepus, Cikakak, Cisolok dan sekitarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sesuai rencana rekayasa lalu lintas, pengendara dari arah pantai Citepus dan sekitarnya akan dialihkan memakai jalur alternatif Cikidang. Sedangkan pengendara yang menuju kawasan pantai dari arah Jalan Siliwangi sementara dilarang melintas.

Sejumlah motor masih diperbolehkan melintas sementara mobil untuk sementara dihentikan petugas.

Baca Juga: Kendaraan yang Menuju Ke Palabuhanratu Diarahkan Masuk Warungkiara Sukabumi

Kapolsek Palabuhanratu, Kompol Mangapul Simangunsong mengatakan, one way direncanakan dilakukan selama 15 menit sampai tidak terjadi lagi penumpukan di jalur pantai.

"Kira kira 15 menit kita lakukan karena ada penumpukan di Karanghawu Cisolok, jadi ini berlakukan sekitar 15 menit," ujar Mangapul di Pos Pam Gunung Butak.

Meski begitu, Mangapul menampik soal arus kedatangan wisatawan, ia menyebut pengendara yang tertahan dari arah pasar atau Jalan Siliwangi menuju pantai di dominasi warga lokal yang hendak pulang ke arah Citepus dan sekitarnya.

"Betul, ini (kendaraan tertahan dari arah pasar menuju Citepus) bukan yang wisata dari kota, sepertinya masih warga Palabuhanratu yang mau pulang," ujar Mangapul.

Salah seorang pengendara yang tertahan one way, Yusuf, mengatakan, ia dan keluarga satu mobil hendak pulang dari Sukabumi ke Citepus. Ia mengaku, tidak tahu akan diberlakukan one way sementara ini.

"Ia saya tidak tahu akan diberlakukan one way sementara ini. Dari saudara mau pulang ke arah Citepus, gak tahu (akan ada one way) belum ada kabar, mendadak," ujarnya.

Baca Juga: H+2 Lebaran: Kendaraan Wisatawan Padati Jalur Wisata Palabuhanratu Sukabumi

Hingga berita ini tayang, atau sekitar pukul 20.00 WIB, polisi masih memberlakukan rekayasa lalu lintas one way di titik tersebut. Volume kendaraan dari arah Citepus, Cikakak, Cisolok masih terus mengalir.

Sedangkan kendaraan roda empat yang dipending dari jalan siliwangi terjadi penumpukan hingga Pasar Palabuhanratu. Sama halnya di Gunung Butak, antrian kendaraan yang dipending terus memanjang.

Dominasi kendaraan yang menuju arah pulang atau ke Cikidang didominasi kendaraan roda empat dengan plat nomor polisi luar daerah seperti B dan D.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT