Sukabumi Update

Arus Balik Lebaran, Tol Bocimi Seksi 2 Jalur Sukabumi ke Jakarta Dibuka Hingga Malam

Gerbang tol Bocimi seksi 2 di Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. Tol Bocimi seksi 2 dibuka hingga malam untuk arus balik Lebaran. (Sumber : Ibnu Sanubari)

SUKABUMIUPDATE.com - Tol Bogor Ciawi Sukabumi atau Tol Bocimi seksi 2 dibuka hingga malam hari untuk arus balik lebaran 2023. Tol dibuka hingga malam untuk arah Sukabumi menuju Jakarta. 

"Untuk arus balik dari Sukabumi yang mengarah ke Jabodetabek, sejak H+1 hingga sekarang, kita buka sampai malam dengan tujuan dari arah Sukabumi bisa langsung masuk tol dan aman, sehingga tidak akan ada penumpukan," ujar Humas PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Edi Abas kepada sukabumiupdate.com, Rabu (26/4/2023).

Edi mengatakan tol bocimi seksi 2 ini terbagi menjadi 2 jalur yaitu A dan B. Menurut dia, jalur A adalah arah Jakarta menuju Sukabumi sedangkan Jalur B arah Sukabumi menuju Jakarta atau arus balik.

Adapun yang dibuka hingga malam adalah Jalur B.

Baca Juga: Pengunjung Situ Gunung Minta Uang Kembali, Merasa Tak Menikmati Obyek Wisata yang Tersedia

Menurut Edi, perpanjangan jam buka untuk jalur B sifatnya situasional, artinya jika memang kendaraan yang melakukan arus balik masih padat maka akan dilakukan penambahan waktu buka tol.

Seperti pada Rabu (26/4/2023) jalur B akan dibuka hingga pukul 20.00 WIB dan bisa saja ditambah lagi. Sedangkan pada hari sebelumnya, Selasa, 25April 2023, jalur B dibuka hingga pukul 23.30 WIB," ungkapnya.

Baca Juga: Gempa M3.8 Sukabumi, Guncangan Terasa di Surade hingga Ujunggenteng

Lebih lanjut, Edi menyatakan Tol Bocimi seksi 2 pada H+1 lebaran untuk yang mengarah dari Jakarta ke Sukabumi diberlakukan buka tutup lantaran terjadinya penumpukan kendaraan di dalam area tol.

Penumpukan kendaran di dalam tol terjadi karena jalan arteri atau jalan nasionalnya belum bisa nampung padatnya arus mudik, sehingga menimbulkan kemacetan disekitar exit tol yang ada di Parungkuda.

Ketika terjadi penumpukan kendaraan di dalam tol Bocimi seksi 2 maka kendaraan yang dari Jakarta hendak menuju Sukabumi dialihkan keluar di exit tol Cigombong. Tol Bocimi seksi 2 akan dibuka lagi ketika kemacetan terurai.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT