Sukabumi Update

Irigasi Jebol, Dua Rumah di Kalibunder Sukabumi Rusak Diterjang Tanah Berlumpur

Rumah warga yang rusak akibat diterjang tanah berlumpur dari jebolnya irigasi Ciasih di Kampung Pasirsalam RT 20/01 Desa Sukaluyu, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Jumat (28/4/2023). | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras pada Kamis malam, 27 April 2023, mengakibatkan irigasi Ciasih jebol. Akibatnya, aliran Sungai Ciawitali menerjang permukiman warga di Kampung Pasirsalam RT 20/01 Desa Sukaluyu, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi.

Selain menerjang rumah, jebolnya irigasi Ciasih juga membuat air bercampur tanah dari Sungai Ciawitali sempat menutup jalan kabupaten. Diketahui, irigasi Ciasih saat ini ada di bawah pengelolaan Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas PU. Informasi ini disampaikan oleh Camat Kalibunder Deni Yudono.

"Posisi irigasi ada di dataran tinggi sehingga ketika jebol air sungai langsung menghantam permukiman, melewati jalan kabupaten ruas Jampangkulon-Cikaso," kata Deni kepada sukabumiupdate.com pada Jumat (28/4/2023).

Baca Juga: PU Sukabumi Lakukan Pemeliharaan Irigasi yang Mengairi 614 Hektar Sawah

Deni mengatakan jebolnya irigasi Ciasih terjadi pada Jumat dini hari sekira pukul 03.00 WIB, setelah hujan deras mengguyur wilayah itu sejak Kamis malam. Ada dua rumah warga yang terdampak dan untuk sementara tidak dapat ditempati lantaran rusak dan dipenuhi tanah berlumpur.

"Rumah milik Musar dihuni empat jiwa dan rumah milik Mahyudin dihuni oleh empat jiwa," ujarnya. "Kondisi saat ini jalan kabupaten sudah bisa dilewati kendaraan. Forkopimcam, Pemdes, P2BK, Tagana, dan warga, sedang mengevakuasi material di rumah korban," imbuh Deni.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT