Sukabumi Update

Libur Lebaran Pemeliharaan Terhenti, Jawaban Nasib Jalan Rusak di Cikembar Sukabumi

Aksi protes jalan rusak di Jalan Pelabuhan II, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 25 April 2023. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Jawa Barat merespons aksi unjuk rasa yang meminta perbaikan Jalan Pelabuhan II, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Demo soal jalan rusak ini dilakukan warga, termasuk emak-emak, pada Selasa, 25 April 2023.

Dalam aksi ini warga menagih janji pemerintah soal perbaikan jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu. Demo diikuti ibu-ibu yang membawa alat dapur seperti panci lalu dipukul, sedangkan para pria membentangkan spanduk bernada protes kepada pemerintah, khususnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kepala Dinas BMPR Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono mengatakan tahun ini pihaknya sedang melakukan pemeliharaan berkala jalan provinsi sepanjang 3,5 kilometer di Kecamatan Cikembar, terutama ruas Jalan Pelabuhan II-Cikembang-Cikembar. Namun, pemeliharaan terhenti lantaran libur panjang Idulfitri 2023.

"Saat ini terhenti kegiatan lapangan karena libur panjang Idulfitri. Pengerjaan akan dimulai kembali pada H+10 lebaran (lebaran Idulfitri jatuh pada 22 April 2023)," kata Bambang kepada awak media, Rabu, 26 April 2023.

Baca Juga: Demo Lagi, Warga Cikembar Sukabumi Tuntut Perbaikan Jalan Rusak

Sementara kerusakan ruas Jalan Pelabuhan II-Cikembang-Cikembar yang diprotes masyarakat, tepatnya di Kampung Cilangkap, Desa/Kecamatan Cikembar, selain ditangani dengan pemeliharaan sepanjang 3,5 kilometer, Bambang mengatakan juga ada tambal sulam yang dilakukan PT Semen Jawa atau SCG.

Selain itu, Dinas BMPR Jawa Barat pun dalam program perubahan 2023 mengusulkan tambahan penanganan jalan di Kecamatan Cikembar sepanjang 1,9 kilometer. "Jadi dalam penanganannya bekerja sama dengan SCG. Terus berjalan, bahkan saling melengkapi terutama penanganan 3,5 kilometer," kata Bambang.

Sementara total penanganan jalan rusak di Sukabumi yang diusulkan Dinas BMPR Jawa Barat pada APBD Perubahan 2023 adalah sepanjang 38,5 kilometer.

Rinciannya, Jalan Lingkar Selatan 11,6 kilometer, Sukabumi Baros-Sagaranten 12,4 kilometer, Sukabumi-Cikembar 3,5 kilometer, Jampangtengah-Kiara Dua 6,6 kilometer, dan Cikidang-Cibadak-Palabuhanratu 4 kilometer. "Semua paket pekerjaan tersebut akan selesai 100 persen pada minggu ketiga Juli 2023," ujar Bambang.

Dinas BMPR Jawa Barat menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sukabumi dan para pengguna jalan atas ketidaknyamanan tersebut. "Kami juga ucapkan terima kasih kepada warga dan para pengguna jalan atas kesabaran dan masukan dalam penyelenggaraan perbaikan jalan," kata dia.

Sebelumnya, pada Januari 2023, Bambang mengatakan penanganan jalan sepanjang 3,4-an kilometer di wilayah Cikembar ini tepatnya ruas Cikembang-Cikembar akan dilakukan pada 2023 menggunakan hotmix. Adapun anggarannya diprakirakan sekitar Rp 6 miliar. Termasuk di antaranya adalah perbaikan drainase.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT