Sukabumi Update

Suara Dentuman Misterius, Cerita Dibalik Kecelakaan Tenggelam di Sungai Cibuni Sukabumi

Cerita warga tentang suara dentuman keras sebagai pertanda ada kecelakaan tenggelam di Sungai Cibuni Sukabumi | Foto : Ragil

SUKABUMIUPDATE.com - Ada cerita mistik dibalik setiap terjadinya kecelakaan di Sungai Cibuni yang terletak di Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi yang berbatasan dengan Kecamatan Cijati, Kabupaten Cianjur. Dimana warga setempat sering mendengar adanya suara dentuman misterius dari sekitar Sungai Cibuni.

Suara dentuman misterius itu terdengar menggelegar dari beberapa titik lokasi yang berada di sekitar Sungai Cibuni. Sampai saat ini suara dentuman tersebut masih misteri yang belum terpecahkan oleh warga mengenai asal muasal sumber suaranya.   

"Sebelum terjadi kecelakaan tenggelam atau adanya penemuan mayat, sering muncul suara menggelegar dari arah hilir dan hulu Sungai Cibuni, lalu dari arah Gunung Bentang Sagaranten," ucap Abah Johar (70 tahun) pemilik warung dekat Jembatan Cibuni kepada sukabumiupdate.com, Jumat (28/4/2023).

Baca Juga: Ayep Zaki Ajak Alumni STN 2 Sukabumi untuk Menata Kebaikan

Suara dentuman menggelegar tersebut terdengar sebelum terjadi kecelakaan yang tenggelam, ujar Abah Johar, awal terdengar mulai pukul 03.00 pagi hari, hingga pukul 07.00 pagi, terdengar bersahutan. Itu biasanya sebagai pertanda alam atau kila-kila akan ada musibah.

"Hal ini sering terjadi setelah ada suara dentuman menggelegar, berikutnya selalu ada kecelakaan atau penemuan mayat di Sungai Cibuni," terangnya.

Berdasar dari pengalamannya, Bah Johar mengungkapkan sejak dirinya menginjak dewasa dan hingga saat ini, setidaknya sudah ada 5 korban yang tenggelam disini, ditambah lagi dengan penemuan mayat.

"Kalau dijumlahkan dengan yang sekarang dan penemuan mayat sudah hampir 15 orang, dan itu semua selalau diawali dengan kemunculan suara dentuman menggelegar," tuturnya.

Sebagai informasi, di Sungai Cibuni dalam 2 hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 27 April 2023 Pukul 14.00 terjadi kecelakaan tenggelam. Korban merupakan seorang Ibu dan seorang anak perempuan warga Cianjur. Menurut keterangan kepolisian, sampai hari kedua pencarian kedua korban tersebut belum ditemukan.  

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT