Sukabumi Update

Hari Buruh, Wabup Sukabumi Soroti Mulai Lunturnya Hubungan Industrial Pancasila

Wabup Iyos beserta jajaran dinas dan didampingi Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede menghadiri acara Peringatan Hari Buruh Internasional 2023 di Cikembar. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mewakili Bupati Sukabumi menghadiri acara Peringatan Hari Buruh Internasional 2023, di PT Citra Unggul Perkasa Cikembar, Senin (10/05/2023).

Dalam sambutannya Iyos menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Sukabumi sangat menyambut baik adanya hari buruh internasional ini dan mendukung DPC FSB KIKES KSBSI beserta Jajaran atas upayanya dalam memperjuangkan hak-hak buruh, terutama hak keamanan dan hak kesehatan para buruh menuju peningkatan masyarakat Kabupaten Sukabumi yang sejahtera lahir-batin melalui program yang adaptif dan pendekatan yang humanis.

"Harapan yang ingin diwujudkan seperti tersebut telah sesuai dengan tema peringatan kali ini, yakni: World Day for Safety and Health at Work 2023 atau Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia 2023," kata Iyos dikutip dari media sosial Dokpim Pemkab Sukabumi.

Baca Juga: 30 Twibbon Hari Buruh 2023 Gatis! Para Pekerja Bisa Unggah ke Media Sosial

Lebih lanjut Wakil Bupati mengajak pada peringatan hari buruh ini kepada Serikat Pekerja/Serikat Buruh untuk menjadikannya sebagai momentum dalam menghidupkan kembali nilai-nilai luhur Hubungan Industrial Pancasila yang sudah mulai luntur mengingat nilai tersebut mengedepankan prinsip-prinsip adaptif dan kolaboratif melalui dialog sosial, musyawarah untuk mufakat, kekeluargaan serta gotong royong.

"Insya Allah bilamana itu terjadi, maka semua aman dan sehat. Bukan hanya, jajaran yang mengurusi dan yang diurusinya Namun juga para pengusahanya pun sama seperti demikian," ujarnya.

Iyos berharap, dengan Sinergitas yang terjalin dengan baik antara buruh dan pemerintah investasi yang ada di Sukabumi bisa berjalan dengan baik, dan kesejahteraan bisa dirasakan oleh para buruh sehingga hubungan erat makin terjaga dan juga hubungan tripartit semakin terjalin dengan baik serta lancar dalam komunikasi.

"Kita percaya bahwa dengan niat baik maka ikhtiar Kita bersama ini diyakini mampu memberikan daya ungkit yang kuat terhadap terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang Religius, Maju dan Inovatif Menuju Masyarakat Sejahtera Lahir-Batin”, tandasnya.

Terpisah, Kapolres Sukabumi Akbp Maruly Pardede memberikan apresiasi dan ucapan terimaksih kepada seluruh elemen buruh yang di ada di Kabupaten Sukabumi, sehubungan pelaksanaan peringatan hari Buruh Internasional 1 Mei di Kabupaten Sukabumi, berlangsung dalam kondisi aman dan tertib.

"Saya selaku Kapolres Sukabumi mengucapkan terimaksih dan apresiasi kepada kawan-kawan buruh di Sukabumi, yang mampu selalu menjaga situasi kondusifitas diwilayah Kabupaten Sukabumi dalam rangka peringatan hari Buruh Internasional, “ ucap Maruly.

Menurutnya, Polres Sukabumi bersama TNI, akan selalu tampil didepan dalam rangka mengamankan para pekerja agar bisa menyampaikan aspirasinya secara baik, serta menjamin keberlangsungan investasi di Kabupaten Sukabumi.

"Khusus kepada pengurus KBSI dan anggotanya, saya ucapkan terimakasih dengan tidak turun ke jalan dan menyelenggarakan kegiatan silaturahmi serta halal bi halal seperti yang berlangsung pada siang hari ini,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Sukabumi secara khusus mengucapkan Selamat merayakan hari Buruh Internasional kepada para buruh di Kabupaten Sukabumi.

Hadir pada acara tersebut, Kadisnakertrans, Kepala Bangkesbangpol, Kasatpol PP, Camat beserta Forkopimcam Kecamatan.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT