Sukabumi Update

Hardiknas, Disdikbud dan Pemkot Sukabumi Launcing Sejuta Literasi Kosa Kata Positif

Pelepasan balon dalam Hardiknas 2023 di Kota Sukabumi. Dalam momen tersebut, Disdikbud bersama Pemkot Sukabumi melauncing Sejuta Literasi Kosa Kata Positif atau Sikota Positif. (Sumber : Asep Awaludin)

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sukabumi bersama Pemerintah Kota Sukabumi melauncing Sejuta Literasi Kosa Kata Positif atau Sikota Positif pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 yang diselenggarakan di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, Selasa (2/5/2023).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Hasan Asari mengatakan bahwa Sikota Positif tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi perselisihan yang disebabkan oleh ujaran-ujaran negatif antar siswa.

Baca Juga: Review Film Sewu Dino, Kisah Gadis Muda Terjebak Praktik Santet 1.000 Hari

"Sikota Positif maksudnya untuk mengantisipasi anak-anak yang berselisih yang awal mulanya dari kata-kata yang kurang berkenan dan kasar," ujar Hasan usai mengikuti peringatan Hardiknas kepada sukabumiupdate.com di lokasi pada Selasa (2/5/2023).

Sejuta Kosa Kata Positif atau Sikota Positif tersebut akan terapkan dalam setiap kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah. 

Adapun salah satu contoh Kosa Kata Positif itu seperti saat siswa diabsen oleh gurunya, siswa itu akan menjawab hadir baik alhamdulillah.

"Sejuta Literasi Kosa Kata Positif ini ada gerakan di ruangan-ruangan kelas. Kata-kata itulah yang akan secara masif dilakukan di tiap sekolah," ungkapnya.

Dalam momen Hardiknas 2023, Hasan berharap kualitas pendidikan semakin baik demi menciptakan generasi yang berintegritas.

"Harapannya adalah pendidikan menjadi baik, kualitas hasil belajarnya semakin baik, kompetensi karakternya juga baik, jadi itu generasi yang kita harapkan mulai momentum Hardiknas ini," kata Hasan.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT