Sukabumi Update

Pemdes dan Warga Ciracap Sukabumi Gotong Royong Bangun Fasos di 4 Dusun

Warga Ciracap Sukabumi gotong royong bangun fasos jalan. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi mengoptimalkan Pendapatan Asli Desa (PADes) untuk pembangunan infrastruktur di wilayahnya.

Dengan menghabiskan anggaran kurang lebih Rp60 juta, Pemdes Ciracap bergotong royong bersama warga membangun fasilitas sosial (Fasos) di empat kedusunan, yakni Dusun Cimahi, Dusun Nagrak, Dusun Tajur, serta Dusun Kalapa Satangkal.

"Prioritas akses jalan lingkungan, jalan pertanian, serta jalan kelokasi umum, seperti tempat pemakaman, yang memang belum tersentuh oleh anggaran desa. Kami memanfaatkan PADes, agar semua warga bisa merasakan manfaatnya," kata Kepala Desa Ciracap Sopandi kepada sukabumiupdate.com, Kamis (4/5/2023).

Baca Juga: Promosi Wisata, Pemdes Ciracap Sukabumi Gelar Grasstrack Piala Bupati Seri II

Adapun sejumlah proyek pembangunan insfrastruktur fasos yang dilakukan, yakni berupa pengerasan dan plester jalan lingkungan, kemudian pembuatan gorong gorong plat beton hingga menembok selokan. Semua pengerjaan fisik tersebut disesuaikan dengan program Kepala Dusun dan keinginan warga.

"Hingga hari ini pengerasan jalan sudah mencapai 600 meter, plester tembok 162 meter, selokan tembok 200 meter, serta gorong gorong plat beton 4 unit," ujar Kades yang akrab disapa Badong tersebut.

"Semua biaya menggunakan PADes, dan swadaya masyarakat. Kedepannya untuk jalan yang sudah pengerasan, secara bertahap akan dilakukan pengaspalan dengan anggaran desa," tandas Badong.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT