Sukabumi Update

3 Nama Sungai Populer di Sukabumi

Sungai Cibuni, Sukabumi Jawa Barat | Foto : RG

SUKABUMIUPDATE.com - Sukabumi dilewati oleh beberapa sungai, baik sungai besar maupun kecil. Beberapa sungai bahkan memiliki sejarah panjang sebagai tempat berkembangnya budaya dan peradaban di masa lalu. Berikut adalah daftar nama sungai di Sukabumi dengan informasi lengkapnya.

Sungai Cimandiri

Sungai ini mengalir dari timur ke barat sepanjang sekitar 100 km. Hulu Sungai Cimandiri berada di Gunung Pasir Caringin, Desa Sukamanah, Kecamatan Gegerbitung dan bermuara ke Samudra Hindia dekat Pelabuhan Ratu.

Selain itu, anak sungai Cimandiri juga ada yang berhulu dari Gunung Gede, Gunung Pangrango, Gunung Salak dan Gunung Halimun.

Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimandiri memiliki luas 201.431 hektare, terbentang sekitar Padalarang dan kawasan konservasi gunung Halimun pada bagian hulunya membentang ke barat daya hingga bermuara di Teluk Pelabuhan Ratu.

DAS Cimandiri mempunyai anak-anak sungai yaitu Cicatih, Cipelang, Citarik, Cibodas, dan Cidadap yang semuanya bermuara di Teluk Pelabuhan Ratu, Sukabumi.

Baca Juga: Hadiri Kunker Kapolda Jabar, Bupati Sukabumi Apresiasi Program Inovasi Aa Dede Curhat Dong

DAS Cimandiri menurut klasifikasi Ditjen RLPS (2000) merupakan DAS lokal, artinya DAS yang secara geografis terletak secara utuh berada di satu kabupaten/kota, dan atau DAS yang secara potensial hanya dimanfaatkan oleh satu daerah kabupaten/kota. Wilayah DAS Cimandiri secara administrative masuk Kabupaten Sukabumi dan sebagian masuk dalam Kabupaten Cianjur.

Sungai Cibuni

Cibuni adalah sungai yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sungai ini memiliki panjang sekira 109 Km melewati Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur.

Sungai Cibuni berhulu di lereng barat Gunung Patuha II di daerah Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung dan bermuara ke Samudra Hindia di perbatasan Cianjur-Sukabumi tepatnya antara kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur.

Anak Sungai Cibuni juga berasal dari Gunung Kendeng dan Gunung Buleud. Nama anak sungai yang bermuara ke cibuni; 1. Cibayawak 2, Cijampang, 3. Cibala, 4. Citonjong, 5. Cikarang dan 6. Cidolog.

Sungai Cikaso

Sungai Cikaso bermata air di Sukabumi Utara dan mengalir ke selatan ke Kabupaten Surade di Sukabumi Selatan.

Air terjun Cikaso berada di kawasan wisata ujung antara Jampang Kulon dan Surade. Air terjun ini memiliki ketinggian hampir 80 meter (260 ft), dengan tiga curahan paralel sepanjang tebing yang lebarnya sekitar 100 kaki (30 m). Air terjun ini dapat diakses dari Ciniti, desa Cibitung di Cibitung Kulon sub-Jampang, dengan berjalan kaki atau dengan perahu motor.

Sumber : berbagai sumber

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT