Sukabumi Update

Hujan Deras, 3 Lokasi Longsor di Curugkembar Sukabumi: Pengguna Sepeda Motor Nyaris Tertimbun

Ada 5 titik Longsor di Curugkembar Kabupaten Sukabumi pada Senin (8/5/2023) | Foto : RG

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan bencana longsor di beberapa lokasi di Kecamatan Curugkembar Kabupaten Sukabumi, Senin (8/5/2023).

P2BK Kecamatan Curugkembar, Suryana mengatakan kejadian longsor pada pukul 15.30 WIB, ada dua titik; tebing dengan ketinggian sekitar 15 meter dan lebar sekitar 10 meter di jalan kabupaten ruas Cimanggu - Cicukang, tepatnya di Kampung Sukamaju RT 01/04 Desa Sindangraja. Satu longsoran dari tebing lainnya dengan ketinggian 3 meter.

Sementara ini lalu lintas pada jalan yang menghubungkan Desa Sindangraja Kecamatan Curugkembar dengan Desa Cicukang Kecamatan Purabaya tersebut hanya bisa dilewati kendaraan roda dua. "Motor bisa lewat, akan tetapi dihimbau untuk hati-hati karena masih terjadi pergerakan. Sedangkan Mobil tidak bisa lewat," jelasnya. 

Longsor juga terjadi di Kampung Harempoy RT 02/03 Desa Bojongtugu, Kecamatan Curugkembar, dengan tinggi 10 meter dan lebar 3 meter. Longsor juga terjadi mengancam salah satu jembatan di jalan desa tersebut.

Jembatan longsorJembatan di Kampung Harempoy RT 02/03 Desa Bojongtugu, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi

"Masih bisa dilewati kendaraan roda dua, dan kendaraan roda empat, namun sangat rentan mengancam jembatan putus," kata Suryana

Pada kejadian longsor terjadi insiden pengendara sepeda motor, hampir saja tertimbun bersama sepeda motornya, kalau saja tidak menyelamatkan diri dengan cara berlari dan meninggalkan sepeda motornya.

"Pada saat itu, suami istri melintas jalan tersebut, namun istrinya turun, karena sepeda motor tidak kuat menanjak, saat suami pelan-pelan melintas jalan itu terdengar suara longsoran, langsung lari meninggalkan sepeda motor, sehingga sepeda motornya tertimbun. Tapi sekarang sudah dievakuasi sepeda motornya, namun material longsoran belum dievakuasi," jelas Suryana.

Menurut Suryana, pihaknya sudah berkorfinasi dengan Muspika Curugkembar, Pemdes Sindangraja, dan UPTD PU Sagaranten, untuk melakukan evakuasi material longsoran pada besok hari, karena memerlukan alat berat.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT