Sukabumi Update

Student Camp Bakal Kembali Hadir, Bentuk Karakter Siswa Unggulan di Kota Sukabumi

Pelaksanaan Student Camp oleh Disdikbud Kota Sukabumi pada 2019. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagai upaya mengurangi angka tawuran dan kenakalan remaja, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sukabumi akan kembali melaksanakan Student Camp pada 2023. Ini merupakan program unggulan Pemerintah Kota Sukabumi di bawah kepemimpinan Achmad Fahmi dan Andri Setiawan Hamami.

Kepala Disdikbud Kota Sukabumi Mohammad Hasan Asari mengatakan Student Camp juga menjadi bagian dari pembinaan mental dan pembentukan karakter peserta didik. Menurut Hasan, program ini rencananya akan digelar pada Juli atau Agustus 2023 saat libur sekolah. "Insya Allah sekitar Juli-Agustus," kata dia kepada wartawan, Minggu, 7 Mei 2023.

Hasan mengungkapkan saat ini Disdikbud Kota Sukabumi sedang menggali informasi peseta didik mana yang harus dilibatkan dalam Student Camp. Ada beberapa indikator yang digunakan sebagai syarat siswa dapat mengikuti kegiatan tersebut. Nantinya, masing-masing sekolah akan mengirimkan daftar peserta didik yang diikutkan dalam program Student Camp.

Baca Juga: Kadisdikbud Kota Sukabumi Bicara Tiga Pilar Penting Pendidikan

"Siswa yang bisa mengikuti kegiatan ini mereka yang bermasalah di sekolah, misal sering bolos tanpa alasan atau memang siswa yang bermasalah terkait kenakalan remaja. Nah, nanti akan kita bina mentalnya selama Student Camp karena di sana kita juga melakukan pembinaan dari segi sosialisasi, keagamaan, disiplin, dan lain sebagainya,” ujar Hasan.

Student Camp sendiri bertujuan mencetak remaja berkarakter dan manusia unggul yang mampu menghadapi berbagai tantangan zaman. Ini sesuai dengan Visi Indonesia Emas 2045. Untuk mencapai visi tersebut salah satunya dibutuhkan generasi muda yang kompetitif. Kegiatan ini menyasar siswa mulai tingkat SMP/MTs serta SMA/MA dan SMK se-Kota Sukabumi.

Student Camp pertama kali digulirkan pada 2019 dan rencananya digelar satu tahun sekali. Namun pada 2020, program ini tidak terlaksana karena pandemi Covid-19.

(Advertorial)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT