Sukabumi Update

Kuburan Angker di Cisaat Sukabumi, Simpan Banyak Cerita Horor

Pekuburan angker di Cisaat Sukabumi, Simpan Cerita Horor Terutama bagi Pendatang | Foto : Ilustrasi Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah pemakaman umum di Cisaat Sukabumi menyimpan banyak cerita horor. Pemakaman yang berada di Kampung Babakan Kupa Desa Sukaresmi tersebut dipercaya sebagai kuburan angker, pasalnya diketahui beberapa kali terjadi peristiwa mistis yang dialami warga.

Seorang warga berinisal IFS menuturkan, kejadian-kejadian horor itu terjadi terutama saat waktu menjelang senja atau tengah malam. Terutama jika orang luar daerah dan baru pertama kali melintas di area tersebut.

"Dulu pada tahun 2003 pernah terjadi mobil jenis sedan terguling, saat itu waktu menjelang senja, mobil jenis sedan yang hendak pulang dari acara hajatan, mobil itu membawa rombongan biduan (penyanyi) sebanyak tiga orang. Saat melintasi jalan dikawasan kuburan itu, katanya Sopir melihat ada sosok yang menghalangi jalan. karena kaget, sang sopir lalu membuang kendaraan ke sebelah kiri, dimana sebelah kiri jalan itu kan jurang, dan otomatis mobil tersebut terperosok ke jurang sedalam hampir 10 meter," kata IFS yang enggan ditulis nama lengkapnya itu kepada sukabumiupdate.com, Selasa (16/05/2023).

Namun anehnya, kata IFS dirinya yang ikut serta menolong mengangkat mobil sedan itu, mengetahui jika seorang perempuan dari tiga orang penumpang mobil sedan tersebut tertinggal di jalan, tidak ikut terperosok ke dalam jurang. "sepertinya seorang penyanyi itu ada yang mensrik keluar mobil sehingga tidak ikut terperosok, dan Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu," jelasnya.

Baca Juga: Kadis PU Dampingi Bupati Tinjau Pembangunan Jalan Lingkar Utara Sukabumi

Kemudian, lanjut IFS, pada sekitar tahun 1990an pernah terjadi juga mobil truk terguling. "Padahal mobil truk itu sedang diam terparkir dekat dengan area kuburan tua itu, ujug-ujug terguling dan jatuh ke jurang," tutur IFS.

Cerita lainnya, sambung IFS dirinya bersama anaknya suatu waktu berjalab menuju pulang kerumah dengan menggunakan sepeda motor. Waktu itu sekitar senja hari menjelang maghrib.

"Anak saya yang dibonceng, saat melintas di kuburan itu dia melihat ada sosok perempuan yang berdiri deket kuburan, dan katanya sosok itu melihat terus ke anak saya. Padahal saya sendiri tidak melihat sosok itu," tuturnya.

Peristiwa lainnya dituturkan seorang bernama Wawan, tenaga teknis salah satu provider telekomunikasi, saat itu dirinya harus memperbaiki jaringan kabel optik yang bermasalah, kebetulan titiknya berada di kuburan itu.

"Saat saya sedang berjalan dan sambil memikul tangga, saya merasakan bahwa tangga yang saya bawa itu ditabrak oleh sosok yang tidak terlihat, saya langsung lari meninggalkan tempat tersebut," ujar Wawan kepada sukabupdate.com.

Baca Juga: 62 Daftar SMP dan MTs Terbaik di Kabupaten Sukabumi

Kemudian, kata Wawan, dirinya baru bisa kembali ke tempat itu untuk melanjutkan pekerjaannya setelah ditemani oleh IFS.

Ada juga cerita lain, saat waktu menjelang magrib, seorang pemotor lewat sendirian, tepat dilokasi itu ada seorang perempuan yang mencegatnya, pemotor itu mengira bahwa perempuan itu penumpang yang hendak mengojek. "Ternyata setelah jalan beberapa puluh meter saat dilihat perempuan tadi tidak ada dimotornya," tutur seorang yang enggan disebutkan namanya.

Menurut IFS, cerita-cerita diatas sebagian merupakan cerita yang diketahui sendiri olehnya. Namun katanya, cerita seperti itu tergantung orang menyikapinya, banyak juga yang tidak mempercayai adanya hal mistik.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT