Sukabumi Update

Bappelitbangda Sukabumi Fasilitasi Penyerahan Hasil Penataan Kawasan Kumuh oleh Jabar

Kabid Perencanaan Infrastruktur wilayah Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi, Jalal Mukti (paling kiri) ikuti pertemuan Disperkim Jabar dan Pemkab Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi memfasilitasi kedatangan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Provinsi Jawa Barat ke Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (17/5/2023).

Jajaran Disperkim Jabar diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman beserta pimpinan Disperkim Kabupaten Sukabumi di ruang rapat Sekda, komplek Kantor Setda - Palabuhanratu.

Kabid Perencanaan Infrastruktur wilayah Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi, Jalal Mukti mengatakan kedatangan Disperkim Jabar dalam rangka serah terima hasil penataan kawasan permukiman kumuh di RW 20 dan 21 Kampung Cipatuguran, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu yang dilaksanakan pada tahun 2021 dan 2022 oleh Disperkim Provinsi Jabar.

“Tadi sudah diserahterimakan dari Kadis Perkim Provinsi Jabar ke Kadis Perkim Kabupaten Sukabumi. Nanti akan dilakukan penyelesaian administrasi asetnya,” kata Jalal yang menghadiri kegiatan tersebut kepada sukabumiupdate.com.

Serah terima tersebut, lanjut Jalal, dituangkan dalam bentuk penandatanganan berita acara yang dilakukan Kepala Disperkim Provinsi Jabar Indra Hamka, Kepala Disperkim Kabupaten Sukabumi Lukman Sudrajat dan Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman.

Baca Juga: Rp 17,4 M untuk Alun-alun Laut Gadobangkong Sukabumi: Tugu Kura-kura dan Gerbang Leuit

Selain itu, kata Jalal, dalam kesempatan tersebut Disperkim Provinsi Jabar selepasnya melakukan kunjungan lapangan untuk meninjau kesiapan rencana pembangunan alun-alun laut di kawasan Pantai Gadobangkong Palabuhanratu yang dilaksanakan pada tahun 2023 ini.

“Dilaksanakan tahun ini oleh Disperkim Provinsi Jabar dan sekarang dalam proses lelang. Untuk kewajiban pemda salah satunya penyediaan tanah yang kini sudah tersedia. Dan hari ini langsung dilakukan penilaian atau melakukan kunjungan ke lapangan,” tuturnya.

Jalal kemudian berharap seluruh kegiatan pembangunan baik yang dilaksanakan Pemda, Pemprov maupun Pusat pada tahun 2023 ini bisa terlaksana baik, dalam rangka meningkatkan kinerja maupun capaian pembangunan, penataan insfrastruktur dan kawasan kumuh di Kabupaten Sukabumi

Ditempat yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengucapkan terimakasih kepada Disperkim Provinsi Jabar yang terus mendorong pembangunan di Kabupaten Sukabumi.

"Karena Kabuparen Sukabumi merupakan wilayah terluas di Jawa Barat, sehingga bantuan pembangunan dari Provinsi seperti ini sangat dinantikan,” ujarnya.

Sekda pun menyikapi terkait pembangunan alun-alun laut Gadobangkong, dimana Pemda sejauh ini terus mensosialisasikan kepada masyarakat khususnya para pedagang yang berada di kawasan tersebut untuk direlokasi.

"Saya yakin dengan adanya alun-alun Gadobangkong ini akan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Kabupaten Sukabumi,” tandasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT