Sukabumi Update

Diduga Dipicu Bocor Gas, Si Jago Merah Amuk Toko Kue di Sukabumi

Petugas pemadam kebakaran di toko kue Amelia Cake II, Jalan RA Kosasih, Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. (Sumber : Asep Awaludin)

SUKABUMIUPDATE.com - Si jago merah mengamuk di toko kue Amelia Cake II, Jalan RA Kosasih, Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Kamis (25/5/2023) sekitar pukul 10.25 WIB. Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat kebocoran gas. 

Kasi Pencegahan, Pemadaman dan Penyelamatan Damkar Kota Sukabumi, Hendar Iskandar menyampaikan Damkar mendapat laporan kebakaran tersebut dari Satlantas Polres Sukabumi Kota pukul 10.25 WIB.

Pihak damkar merespons laporan tersebut dengan mengerahkan sebanyak 3 unit kendaraan damkar beserta 15 personel.

Baca Juga: 66 Calon Haji asal Sukabumi Batal Berangkat ke Tanah Suci, Ini Penyebabnya

Hendar mengatakan lokasi kebakaran tak terlalu jauh dengan pos damkar sehingga petugas bisa dengan cepat melakukan pemadaman api. "Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Kerugian di taksir mencapai angka Rp 25 juta," ucap dia.

Hendar menyatakan berdasarkan keterangan pengelola toko Edi Suadi, bahwa api tiba-tiba membesar dan membakar seluruh area dapur berukuran 6x8 meter persegi. Api tersebut diduga dari kebocoran gas yang ketika itu dipakai untuk memangga kue dalam oven.

"Pengelola menyampaikan api tiba-tiba besar kemungkinan dari kebocoran gas karena api tiba-tiba besar. Kalau listrik tidak akan langsung besar. Dari oven kue terus api tiba-tiba besar. Itu berarti kemungkinan besar dari kebocoran gas," papar dia.

Baca Juga: Terkubur Depan Toko, Warga Surade Sukabumi Temukan Botol Isi Kertas Berbahasa Arab

Dengan kejadian tersebut, dia mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati. Apabila terjadi kebocoran gas maka yang pertama dilakukan adalah buka ventilasi udara, jendela, buka pintu kemudian bawa tabung gas yang bocor keluar jangan dimasukan ke dalam bak mandi atau air.

Tabung gas yang dimasukan ke dalam bak mandi hanya akan menghilangkan baunya namun uap gasnya masih ada.

Menurut dia, dalam kejadian kebocoran gas yang meledak itu bukan tabungnya. Tapi yang terjadi adalah gas dari kebocoran itu terakumulasi dalam ruangan lalu meledak karena adanya api. 

"Tabung gas itu tidak ada yang meledak, tapi kebocoran gas yang terakumulasi dalam ruangan akhirnya meledak," paparnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT