Sukabumi Update

Ngeri! Ular Masuk Kamar di Nanggeleng Sukabumi, Beruntung ada Petugas Damkar

Ngeri! Ular masuk kamar di Perumahan Nanggeleng Kecamatan Citamiang kota Sukabumi,Kamis (25/5/2023) | Foto : Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Seekor ular menyelinap masuk ke kamar seorang warga. Peristiwa itu terjadi di Perumahan Nanggeleng Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi, Kamis (25/5/2023). sekira pukul 11:30 WIB.

Petugas Damkar yang mendapatkan laporan langsung dari warga terkait adanya seekor ular yang masuk kedalam kamar itu, pihaknya langsung bergegas berangkat menuju lokasi.

Petugas Lapangan Rescue Animal Damkar Kota Sukabumi, Edi Ruswandi mengatakan pihaknya saat mendapat laporan dari warga tersebut langsung meminta pelapor untuk menutup pintu kamar dan mengawasinya agar ular tersebut tidak kabur kemana-mana.

"Tidak ada kesulitan saat evakuasi, karena waktu dia (pelapor) lapor itu langsung kami minta untuk tutup pintu kamarnya dan jaga disitu biar gak kemana-mana (ularnya)," ujar Edi kepada sukabumiupdate.com pada Kamis (25/5/2023).

Baca Juga: Walikota Sukabumi Sambut Kunker Kapolda Jabar: Persiapan Pengaman Pemilu 2024

Menurut Edi, kemungkinan ular itu masuk melalui saluran pembuangan air yang berada di kamar mandi, selain itu, karena rumahnya juga dekat dengan persawahan yang merupakan habitat dari ular tersebut.

"Soalnya dekat dengan sawah disana, habitatnya emang sawah, Kalau lubang masuk pas di cek lewat kamar mandi jadi saluran pembuangannya langsung ke gorong-gorong. Kalau ular sowo kopi makannya tikus kemungkinan ngejar tikus kesana," ucap Edi.

Selain itu, Edi juga menambahkan faktor penyebab datangnya ular ke dalam rumah itu karena kondisi rumah yang lembab, kotor dan banyak tumpukan barang yang sudah tidak terpai sehingga menjadi sarang bagi tikut yang juga merupakan makanan bagi berbagai jenis ular.

Diketahui, ular yang dievakuasi petugas Damkar itu jenis ular Sowo Kopi berukuran 1,5 meter dan tergolong masih remaja. Ular Sowo kopi bukan merupakan ular yang berbisa, kendati demikian ular tersebut memiliki bakteri yang bisa membuat gatal orang yang digigitnya akibat bakteri tersebut.

Baca Juga: Wali Kota Serahkan Donasi Udunan Online untuk Perbaikan Rumah Ibu Atih di Cikondang Sukabumi

Kemudian, kata Edi untuk menghindari datangnya satwa liar seperti ular, Edi mengatakan bahwa kita harus tetap menjaga kebersihan rumah, selain itu bisa juga menyimpan wangi-wangian seperti kamper di setiap sudut rumah.

"Kita jangan sampai kotor, di dalam rumah, gudang harus pake kamper, jadi menghilangkan bau, kalau ular itu bau-bau-an. Dia kalau misal ada bau wangi dia gak bakalan masuk kalau misal kotor, lembap dia betah," tandasnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT