Sukabumi Update

Ombaknya Mirip Bali, Atlit Surfing akan Berlatih di Pantai Talanca Sukabumi yang Penuh Sampah

Surfing di Pantai Talanca Loji Simpenan Sukabumi | Foto : SU/Ilyas

SUKABUMIUPDATE.com - Jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2023 direncanakan Pantai Talanca, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi akan diergunakan sebagai tempat latihan atlit surfing.

Menurut informasi yang dihimpun, memang sejak pada tahun 80-an Pantai Loji merupakan lokasi favorit para bule untuk berselancar. Namun sangat di sayangkan kondisi saat ini pantai tersebut di tidak terawat dan terdapat tumpukan sampah.

Kabag SDA Setda Kabupaten Sukabumi, Prasetyo mengatakan, Pemda akan berusaha untuk membersihkan sampah yang berada di pantai Talanca, rencana pantai tersebut akan dipakai latihan surfing pra PON pada bulan Agustus 2023 mendatang, tumpukan sampah ini juga membuat wisatawan bersama peselancar tidak pernah datang lagi sebab kondisi pantai yang di penuhi sampah.

"Yah rencana ada pra PON latihan di sini di bulan Agustus, makanya kita siapkan hari ini. Semoga dengan langkah kita ini sedikit yang di awal ini kan tidak mudah, saat-saat ini bisa membantu lah dalam rangka membantu dari pra PON ke sini," katanya usai melakukan peninjauan di Pantai Talanca, Kamis (25/5/2023).

Prasetyo berharap dengan kerjasama semua pihak untuk memebersihkan pantai Talanca ini segera bersih dan bisa kembali mendatangkan para wisatawan dan peselancar. Menurutnya hal ini bukan hanya tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

"Untuk ke sini kita berharap ditindaklanjuti semua pihak, karena masalah sampah ini bukan masalah yang hanya dilakukan tanggung jawab oleh DLH saja, tapi tanggungjawab semua. Cuma peran-peran itu kita akan fungsikan," ujar Prasetyo.

Dikonfirmasi terpisah peselancar asal Cimaja Iman Nulhakim mengungkapkan, Pantai Talanca memang sangat cocok untuk para peselancar dibandingkan the best beach break lainnya yang ada di jawa barat.

"Kalau untuk pantai talanca sebenarnya itu pantai yang sangat berpotensi untuk peselancar, bahkan kalau kita bandingkan ini sebenarnya ini the best beach break yang ada di Jawa Barat khususnya," ungkap Iman.

"di Bali pun menurut pengamatan dan pegalaman kami pergi ke beach break, ini salah satu pantai paling bagus potensi untuk peselancar karena kualitas ombaknya," sambungnya

Menurut iman, sangat disayangkan sekali Pantai Talanca ini sangat bagus namun kondisi pantai sangat kotor sekali banyak sampah.

"Sangat disayangkan itu karena pantainya sangat kotor, jadi sampahnya terlalu banyak, jadi kita peselancar itu terus terang gak mau main di sana karena sampahnya itu terlalu banyak," kata Iman.

Iman menjelaskan, Pantai Talanca memang cocok untuk dipakai pra PON tetapi pantai tersebut harus bersih tampa sampah karena para atlit pra PON harus berkonsentrasi untuk mempersembahkan yang terbaik untuk daerah.

"Pra PON itu kan kita harus benar konsentrasi untuk mempersembahkan yang terbaik buat daerah kita, tapi kalau misalkan pantainya seperti ini kondisinya, itu sangat mengganggu sekali, karena kenyamanannya untuk atlet itu gak ada, itu harus dipersiapkan dengan benar, karena kita dituntut untuk mempersembahkan yang terbaik," jelas Iman.

"Saya selaku peselancar sangat antusias untuk mengikuti pra PON tersebut, namun karena kondisi alam di Pantai Talanca seperti itu, ini jadi pesimis akhirnya," ucapnya.

Iman mengaku kalau kondisi seperti itu tidak terawat pihaknya akan berpindah ke tempat yang lain yang tempatnya lebih nyaman untuk para atlit berlatih.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT