Sukabumi Update

Sekda Sambut Baik Rencana Sukabumi Jadi Pilot Project Sekolah Peternakan Rakyat

Sekda Ade Suryaman Sambut Baik Rencana Sukabumi Dijadikan Pilot Project Sekolah Peternakan Rakyat | Foto : Dokpim

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Sukabumi akan dijadikan pilot project program Sekolah Peternakan Rakyat oleh Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) bersama Yayasan Karya Bhakti Bumi Indonesia. Kegiatan yang bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini, demi ketahanan pangan Indonesia, terutama protein hewani.

Staf Ahli Aspeksindo Bidang Pendidikan dan Pelatihan SDM Himmatul Hasanah mengatakan, sekolah berbasis kerakyatan ini untuk mencerdaskan para peternak dalam arti luas. Maka dari itu, para peternak akan digembleng sekitar sembilan bulan untuk mendapatkan pelatihan terkait peternakan, pertanian, hingga perikanan.

"Lewat sekolah peternakan rakyat ini, petani peternak bisa pintar dalam manajemen pemeliharaan peternakan. Mereka pun akan diajari mengelola pakan dengan kearifan lokal," ujarnya saat beraudiensi dengan Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman di Pendopo, Jumat, 26 Mei 2023.

Baca Juga: Terharu! Muhammadiyah dan NU Dorong Kepemimpinan Moral Jelang Pemilu 2024

Dari semua itu, ujung harapannya ialah petani peternak bisa mandiri dan terwujudnya swasembada pangan. Sehingga, para petani peternak bisa sejahtera.

"Saya yakin pilot project di Sukabumi ini akan berhasil. Dari Sukabumi keberhasilan ini kita bawa ke tingkat nasional," ucapnya.

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengaku senang daerahnya akan dijadikan pilot project sekolah peternakan rakyat. Apalagi dengan potensi peternakan, pertanian, dan perikanan di daerah terluas kedua se Jawa-Bali ini.

"Ini peluang emas. Potensi peternakan, pertanian, dan perikanan sangat terbuka. Bahkan, kita pun salah satu penyangga ibu kota untuk beberapa hasil peternakan," pungkasnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT