Sukabumi Update

Gempa Dangkal M3,2 Guncang Sukabumi, BMKG: Akibat Aktivitas Sesar Cimandiri

Titik episenter lokasi Gempa di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/5/2023) malam. (Sumber : BMKG)
SUKABUMIUPDATE.com - Gempa bumi magnitudo M3,2 mengguncang wilayah Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/5/2023) sekitar pukul 20:43:14 WIB. Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi gempa tersebut merupakan gempabumi tektonik. Gempa tersebut merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cimandiri.
 
"Episenter terletak pada koordinat 7.02 LS dan 106.63 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 km Tenggara KAB-SUKABUMI-JABAR pada kedalaman 3 km," ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto dalam keterangan resminya kepada sukabumiupdate.com.
 
"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cimandiri," lanjutnya.

Baca Juga: Potensi Gempa M6.7 di Sukabumi Akibat Sesar Cimandiri Menurut Skenario dari BMKG

Hartanto menuturkan, dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Sukabumi dan Palabuhanratu dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 
 
"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," ujarnya.
 
Hingga pukul 20:57 WIB, lanjut Hartanto, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. 
 
"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," tandasnya. 

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT