Sukabumi Update

Lewat Sukabumi Kece, Pemkot Terus Dorong Lahirnya Wirausaha Baru

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat membuka pelatihan keterampilan kerja di era digital bagi wirausaha baru Sukabumi Kece tahun 2023 di SMKN 3 Sukabumi, Selasa, 30 Mei 2023. | (Sumber : Foto: Dokpim Kota Sukabumi.)

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi membuka pelatihan keterampilan kerja di era digital bagi wirausaha baru Sukabumi Kelurahan Entrepreneur Center (Kece) tahun 2023 program pengembangan UMKM di SMKN 3 Sukabumi, Selasa, 30 Mei 2023.

Kegiatan ini mendorong lahirnya wirausaha muda baru berbasis digital. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag) Agus Wawan Gunawan dan Ketua Sukabumi Kece Dindin Solehudin serta sebanyak 120 orang peserta Sukabumi Kece angkatan kedua 2023. 

 "Pelaku usaha muda milenial di kota harus hadir dan tumbuh dalam mendorong perekonomian daerah,'' ujar Fahmi. "Sebab, keberadaan pelaku usaha, khususnya UMKM, sangat penting dalam penciptaan lapangan kerja, inovasi bisnis, dan di masa pandemi pelaku UMKM naik," imbuh dia.

Baca Juga: Wali Kota Sukabumi Serahkan Santunan Rp 42 Juta kepada Ahli Waris Pegawai Non ASN

Sukabumi Kece, terang Fahmi, merupakan salah satu program unggulan. Dia berpesan anak muda yang tidak produktif harus menjadi anak muda produktif. Fahmi menerangkan ada dua skema dalam mewujudkan itu yakni penciptaan wirausaha baru dan penguatan pelaku UMKM agar tetap kokoh.

''Dua sisi ini menguatkan sektor UMKM. Besarnya populasi generasi muda bisa jadi berkah ketika produktif," kata dia.

"Teman-teman pelaku UMKM yang akan dicetak harus konsisten dengan pilihan karena segala sesuatu harus berproses. Jadi pengusaha harus punya mental kuat," imbuhnya.

Baca Juga: Wali Kota Sukabumi Serahkan Santunan Kepada Ahli Waris Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Fahmi mengatakan di sisi lain ekonomi digital juga terus tumbuh karena penjualan sekarang berbeda dan melibatkan teknologi. Handphone tidak hanya sebagai alat komunikasi, tetapi alat produksi karena penjualan proses online tidak lagi door to door. 

"Sukabumi kece menghadirkan tiga hal membentuk mindset pengusaha beda dengan pegawai siapkan mindset pengusaha. Memperkuat mental dan karakter mental petarung. Tidak mudah melemah dengan menambah perbekalan dan konsisten. 

Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Mikro pada Diskumindag Kota Sukabumi Agus Mulyana menerangkan program ini sebagai upaya pemkot meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di tingkat kelurahan. Program inovasi bertujuan meningkatkan kewirausahaan dengan mengembangkan pusat pelatihan dan layanan kewirausahaan di wilayah. 

Baca Juga: Di Hadapan Pelaku UMKM, Wali Kota Sukabumi Bicara Smartphone dan Pemasaran Digital

"Maksud kegiatan memberikan informasi wawasan, pengetahuan dan keterampilan motivasi ke generasi muda dan ambil pilihan menentukan nasa depan," katanya.

Sumber: Website KDP Setda Kota Sukabumi

(Advertorial)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT