Sukabumi Update

2 Calon Jamaah Haji Kloter 22 Kabupaten Sukabumi Batal Berangkat

2 orang calon jamaah Haji Kloter 22 Kabupaten Sukabumi Batal Berangkat | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Rombongan Kloter 22 Jemaah Haji Kabupaten Sukabumi tahun 1444 H / 2023 bertolak dari Gedung Pusbangdai, Cikembar, menuju Embarkasi Bekasi pada Kamis, 01 Juni 2023.

Menurut informasi yang dihimpun dalam kelompok terbang ini jumlah calon jemaah haji asal Kabupaten Sukabumi berjumlah 374 orang. Sekitar pukul 16.00 WIB, seluruh calon jamaah haji berangkat dengan 10 armada bus, jadwalnya calon haji asal Kabupaten Sukabumi akan diterima di Embarkasi Bekasi sekitar pukul 20.10 WIB.

Sekertaris Umum Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah atau PPIHD Kabupaten Sukabumi, H. Dede Sudanta mengatakan, dalam Kloter 22 ini, ada 2 orang dinyatakan tidak bisa berangkat. Menurut informasi yang diterima dari ketua PPIHD Kabupaten Sukabumi, yang ikut langsung ke Embarkasi Bekasi, calon jamaah haji yang belum bisa diberangkatkan dikarenakan sakit. "Ada dua jemaah yang batal berangkat pada kloter ini karena sakit dan sudah ada surat keterangan dari dokter," ujarnya.

Pihaknya mengatakan, masih menunggu hasil tim dokter di embarkasi, sehingga memliki harapan besar agar kedua calon jamaah haji yang batal berangkat karena sakit, bisa dinyatakan sehat. "Harapan kita semoga aja sehat, sebab, jika dokter merekomendasikan, provinsi merekomendasikan dan jamaah menyetujuinya, mungkin calon haji tersebut masih bisa berangkat pada tahun ini," ungkapnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Sukabumi, Asep Hidayat menyatakan dalam laporannya, bahwa calon jamaah haji kloter 22 ini didominasi perempuan dan lansia. Calon haji tertua di kloter 22 ini berusia 98 tahun asal Kecamatan Jampangkulon, hal itu sesuai tagline haji tahun 2023 berupa haji berkeadilan dan ramah lansia. Sementara calon haji termuda dari Sukabumi merupakan wanita dengan usia 19 tahun.

"Lansia di tahun ini memang relatif lebih banyak yang berangkat ke tanah suci, meskipun begitu, Kemenag berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi seluruh jemaah termasuk lansia," ujarnya

Sementara itu, Ketua Umum PPIHD Kabupaten Sukabumi, Agus Santosa menyatakan latar belakang keberangkatan kelompok terbang 22 ini merupakan Kloter utuh Kabupaten Sukabumi. "Dari total 374 orang calon jemaah haji di kelompok ini berasal dari KBIH Al-Hikmah sebanyak 231 orang, KBIH An Najmi 44 orang, KBIH Al-Mansyuriyah 91 orang, dan petugas pembimbing haji sebanyak 8

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT