Sukabumi Update

Kemarau Tiba, Surut dan Jernih Penampakan Sungai Cikaso Sukabumi

Penampakan Sungai Cikaso Sukabumi saat musim kemarau | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi pengguna jalan nasional Cikaso - Tegalbuleud, saat melintas diatas jembatan cikaso penghubung Kecamatan Cibitung, dengan Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi. Terlihat panorama Sungai Cikaso saat mengalami surut, dari atas jembatan dengan latar perbukitan aliran Sungai Cikaso yang sebagian sudah terlihat pasirnya dan jernih airnya

Terlihat dermaga apung tempat bersandar perahu yang merupakan jalur penyebrangan dan lalu lintas angkutan laut dan sungai bagi masyarakat yang ada di wilayah Buniasih, Kecamatan Tegal Buleud, Kabupaten Sukabumi,

"Ini sudah memasuki musim kemarau. Dan baru satu bulan tidak turun hujan, sudah terlihat Sungai Cikaso debit airnya surut," kata Engkus Kusnadi warga Kampung Cilopang Desa Cibitung kepada Sukabumiupdate.com, Senin (5/6/2023).

Baca Juga: Spot Santai Disisi Sungai Cikaso dan Hutan Karangbolong, Rest Area Teluk Jati Sukabumi

Dari tahun ketahun saat memasuki musim kemarau, selalu ada perubahan debit air Sungai Cikaso, ucap Engkus, tahun sebelumnya masih bisa bertahan hingga 2 atau 3 bulan tidak turun hujan, baru mengalami surut seperti sekarang, namun tahun ini baru saja satu bulan tidak turun hujan, sudah terlihat debit airnya surut.

"Sekarang perahu perahu sudah terparkir pada pasir atau lumpur, begitupun dermaga apung sekarang kelihatan hingga pada ujung bawahnya," terangnya.

"Kalau lagi surut saat ini, paling dalam 2 meter, yang sebagiannya sudah kelihatan pasir dan lumpur," imbuhnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT