Sukabumi Update

BAPPEDA Catat 488 Inovasi di Berbagai Perangkat Daerah Kota Sukabumi pada 2023

BAPPEDA Kota Sukabumi melaksanakan bimtek pelaporan indeks inovasi daerah pada Senin, 5 Juni 2023 di salah satu hotel. | Foto: Website Pemkot Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Sukabumi melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) pelaporan indeks inovasi daerah pada Senin, 5 Juni 2023 di salah satu hotel. Hadir Kepala BAPPEDA Reni Rosyida Muthmainnah serta para utusan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Reni yang membuka jalannya bimtek dalam sambutannya menyampaikan pemerintah mendorong setiap SKPD untuk melahirkan inovasi dalam pelaksanaan tugas mereka. Ini sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta mempercepat laju pembangunan yang diharapkan berujung pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Adapun bimtek tersebut diselenggarakan untuk menghimpun setiap inovasi yang telah dilakukan SKPD agar diketahui serta dapat dilaporkan kepada pemerintah pusat.

Kepala Litbang BAPPEDA Kota Sukabumi Banyu Citra Anggara mengungkapkan pelaporan inovasi akan dimanfaatkan pula sebagai cara untuk mengevaluasi inovasi yang sudah dilakukan untuk memastikan tingkat keberhasilannya.

Baca Juga: PART I: Kecelakaan Laut dan Nasib Status UNESCO Global Geopark Ciletuh Sukabumi

“Ini upaya dalam rangka melaporkan inovasi kepada pemerintah pusat sesuai amanat peraturan perundang-undangan. Kita lakukan ini adalah memberikan pemahaman bagaimana melaporkan inovasi yang dimiliki SKPD, termasuk dalam rangka mengevaluasi inovasi yang sudah ada untuk memastikan keberhasilannya," kata dia.

Banyu mengungkapkan pada 2023 pihaknya telah mendata sebanyak 488 inovasi yang tersebar di berbagai SKPD terdiri dari 126 inovasi tingkat perangkat daerah, 28 inovasi kecamatan, 98 inovasi kelurahan, 167 inovasi puskesmas, 67 inovasi lembaga pendidikan, dan 2 inovasi dari BUMD. Seluruh inovasi ini akan dilaporkan dan dievaluasi sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan dan hal ini merupakan realisasi misi keempat RPJMD yakni mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan inovatif.

“Tujuan kita satu (yakni) bagaimana mewujudkan Kota Sukabumi yang lebih baik melalui inovasi daerah," ujarnya.

Sumber: Website Pemkot Sukabumi

(Advertorial)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT