Sukabumi Update

Perumdam TJM Sukabumi Perbaiki Pipa Rusak di Proyek Jembatan Cicewol Cidahu

Tim teknis Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan pipa air yang rusak di lokasi proyek pembangunan Jembatan Cicewol. Kerusakan pipa menganggu pasokan air untuk pelanggan di wilayah Cidahu. (Sumber : Ibnu Sanubari)

SUKABUMIUPDATE.com - Perumda Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumdam TJM) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan pipa air yang rusak di lokasi proyek pembangunan Jembatan Cicewol. 

Pipa jaringan berukuran 3 inci itu rusak akibat terkena longsoran pada Senin, 5 Juni 2023 sehingga menganggu terdapat pasokan air untuk pelanggan di wilayah Perumdam TJM cabang Cidahu. 

Merespons hal itu, tim teknis Perumda AM TJM cabang Cidahu hingga saat ini terus berupaya  memulihkan pasokan air yang terganggu. Mereka melakukan perbaikan dan penggantian pipa air yang rusak, serta melakukan pemeriksaan menyeluruh pada seluruh sistem perpipaan untuk memastikan tidak ada kerusakan tambahan yang terjadi.

Baca Juga: Begini Cara Bu Siti Berbagi Jatah dengan 2 Suami Mudanya, Tetap Harmonis

PLH Kaur Administrasi Perumdam TJM Cabang Cidahu, Angga Harno mengatakan dampak dari kerusakan tersebut adalah berkurangnya tekanan air.

"Intinya jalur yang melewati Jembatan pada saat ini kurang maksimal dikarenakan imbas dari perbaikan Jembatan Cicewol, jadi pipa kita ikut terganggu karena terpotong," ujarnya, Selasa (6/5/2023). 

Angga menyatakan pekerjaan perbaikan dilakukan sejak Senin, 5 Juni 2023 dan untuk saat ini akan dilakukan penyelesaian pekerjaan. "Jadi disitu ada dua pipa, yang kiri sudah selesai, sekarang tinggal perbaikan yang kanan, ditargetkan hari ini sudah selesai," ungkapnya.

Baca Juga: Inilah 5 Dampak Buruk Poliandri Seperti Kisah Bu Siti Bagi Pelakunya

Terkait adanya hal itu, Perumda AM TJM cabang Cidahu meminta pengertian dan kesabaran dari masyarakat yang terkena dampak.

"Untuk sementara ada 5 wilayah yang terdampak gangguan pada hari ini dimulai pukul 08.00 WIB yaitu Kampung Pasir Dalem, Kampung Cicewol, Perumahan BCA Pasir Dalem, Perumahan Mekarsari 1,2,3 dan Kampung Ciburial," kata Ia.

Dalam upaya mempercepat pemulihan pasokan air ke masyarakat, Perumdam memutuskan untuk menggunakan pipa PVC daru yang sebelumnya menggunakan pipa besi. Pipa PVC sebagai alternatif yang efisien dan cepat.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Jalur Sukabumi-Cianjur, Pemotor Tewas Terseret Bus

"Sebelum proses jembatan selesai pipa jaringan direlokasi dulu agar 5 wilayah tersebut segera mendapatkan pasokan air dengan normal. Jadi sekarang menggunakan pipa PVC dulu dengan tujuan supaya wilayah yang terganggu sementara bisa cepat mengalir dengan baik," jelasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT