Sukabumi Update

Cerita Mistis dari Bangunan Terbengkalai di Lokasi Proyek Bukit Algoritma Sukabumi

Bangunan vila terbengkalai di Kawasan megaproyek Bukit Algoritma Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)

SUKABUMIUPDATE.com - Cerita mistis menyeruak dari dalam Gedung Shaolin dan sejumlah vila yang berada di lokasi megaproyek Bukit Algoritma, Kampung Cisuba, Desa Tamansari Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi.

Bangunan-bangunan yang dibiarkan terbengkalai di lahan perkebunan sawit milik PT Bintang Raya Lokalestari itu disebut-sebut angker oleh masyarakat setempat, bahkan kerap dijadikan lokasi syuting oleh sejumlah Youtuber dengan bertemakan horor atau mistis.

"Pernah kejadian sekitar sepekan yang lalu, sekitar pukul 19.00 WIB. Itu di Gedung Shaolin, ada suara buka tutup pintu, saya cuekin tuh, awalnya saya kira suara apa," cerita salah seorang warga, Endang (52 tahun) kepada sukabumiupdate.com, Kamis 8 Juni 2023.

"Kalau sekira 10 menit bisa aja ditebak itu pintu gerak sama angin. Sampai saya udah masuk ke ruangan kantor, udah duduk sekira 1 jam, tapi dari dalam kantor pun itu tetap bunyi, pintu bergerak terus," lanjut dia yang juga merupakan salah satu petugas security di gedung tersebut.

Baca Juga: Dua Tahun Bukit Algoritma Sukabumi, Budiman Sebut Pertemuan dengan Investor Eropa

Saat itu, Endang yang sedang kebagian tugas berjaga di bangunan berarsitektur klasik tiongkok tersebut, tak menyaksikan fenomena gaib itu sendiri. Ia ditemani anaknya Randi (20 tahun).

"Anak saya Randi tengah duduk di tengah ruangan shaolin, dia sadar dan melihat pintu bergerak, cuma anak saya berani orangnya, cuek aja dia gak kabur, saya juga mencoba berani, walaupun pikiran kemana mana," ujar Endang.

Gedung Shaolin.Gedung Shaolin.

Baca Juga: Part II: Dua Tahun 37 Orang Tewas di Laut Sukabumi, Membongkar 30 Menit Kritis Korban

Menurut Endang, di gedung yang dulunya akan dibangun sekolah bernama Shaolin School itu memang seringkali terjadi fenomena aneh nan gaib. Bahkan banyak warga setempat yang menceritakan pengalaman-pengalaman mistis tersebut kepada dirinya.

"Iya, di Gedung Shaolin itu sering, bahkan teman sebelum saya jaga, itu dia lagi duduk di tengah ruang, tiba tiba kursi geser sendiri depan mata dia," tuturnya.

Endang menuturkan, kejadian tersebut disertai dengan suara besi yang terdengar seperti ditarik sehingga membuat atmosfer yang mencekam di ruangan tersebut sekaligus membuat bulu kuduk merinding.

"Orang sini pada tahu, disitu banyak hal mistis, kadang bunyi besi ditarik, kan aneh padahal itu masih dibangun, jadi kosong gak ada orang," ujarnya.

Baca Juga: 7 Cerita Mistik Gunung Sunda Sukabumi, Benda Pusaka hingga Pesantren Gaib

Selain itu, kata Endang, sejumlah bangunan vila yang terletak di kawasan yang dikenal sebagai kampung shaolin itu juga memiliki reputasi mistis. Dari dalam bangunan-bangunan berkonsep rumah kebun yang dibangun pada tahun 2010 silam itu, warga sering mendengar suara-suara aneh hingga melihat bayangan-bayangan yang bergerak.

"Di vila itu ada yang pernah melihat makhluk berdiri, kadang makhluk menampakan dengan melambaikan tangan gitu, banyak yang melihat, sering disitu orang menyaksikan hal itu," pungkasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT