Sukabumi Update

Unik! Domba Jantan Berlafadz Allah di Sukabumi hingga Diminati Pembeli dari Arab

Domba Jantan dengan lapadz Allah di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Unik, seekor kambing atau domba jenis domba garut memiliki tanda warna putih mirip lafadz Allah yang mengukir tubuh samping kanannya. Domba jantan tersebut berada di peternakan domba di Kampung Babakan Peundeuy RT 01/05, Desa Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.

Pemilik peternakan, Fajar Sukma (45 tahun) mengaku terkejut ketika ia memperhatikan sesuatu yang tidak biasa pada salah satu dombanya. Ketika Fajar mendekati kandang tersebut, ia melihat bahwa tubuh kambing itu memiliki pola yang membentuk kaligrafi Arab dengan lafadz 'Allah'

"Mulai terlihat pada saat selesai kita mandiin, biasanya kan kalau dari petani kan kotor-kotor, jadi dimandiin dulu. Kita rasa jual ke konsumen kan harus bersih, pas kering mulai kelihatan ada lafadz Allahnya, mirip lah gitu," ujarnya.

Fajar mengatakan, ketika kambing itu mulai dikeringkan, tulisan "Allah" pada tubuhnya semakin jelas dan terlihat dengan lebih tegas. "Itu masih kelihatan jelas ternyata pas dikeringkan, kambingnya berwarna hitam dan coraknya yang seperti lafadz Allah warna putih," kata dia.

Menurut Fajar, dirinya masih belum terlalu percaya akan femomena tersenut, lantaran ingin melihat apakah tulisan itu benar-benar ada di tubuh kambing atau hanya hasil dari manipulasi manusia. Ia pada akhirnya mengambil keputusan untuk mencukur bulu kambingnya.

Baca Juga: Fahmi Dzikri Mundur dari Ketum ESI Kabupaten Sukabumi

"Kemarin tuh, kita emang belum belum terlalu percaya, terus penasaran kita potong rambutnya, ternyata tambah mirip gitu, setelah dipotong tambah jelas lagi itu dasarnya. Jadi bukan sebatas bulu yang dicat, karena pas kita cukur eh tembus kulit. Bahkan yang tadinya mirip Alif lam kurang keliatan, ternyata memang benar ada gitu kan terpisah di pinggir sebelah kanan," ungkapnya.

Domba garut jantan milik Fajar itu kurang lebih sudah berumur 1 tahun 2 bulan, dengan bobot sebesar 35 kilogram, dibelinya dengan sudah keadaan seperti itu. "Di sini kurang lebih ada sebulanan lah, itu itu jenis domba garut ya, awal itu ya paling selama sebulan paling ada kenaikan 1 kiloan, tapi dulu posisinya gondrong gitu kan," jelasnya.

Fajar mengaku, awal mula membeli seekor kambing tersebut dengan harga yang cukup tinggi. "Karena emang lagi musim kurban, harganya lumayanlah ya," kata Fajar.

Namun, apa yang dia peroleh menuai hasil dari fenomena yang menakjubkan. Sebab, memunculkan minat yang luar biasa, dengan tawaran harga yang mencapai angka yang cukup fantastis. Fajar mengatakan, seekor kambing yang memiliki tulisan "Allah" pada tubuhnya ditawar hingga mencapai angka Rp 10 juta.

"Kemarin ada pengusaha dari Bogor, yang masih teman juga sih, mau bayarin Rp 10 juta, katanya buat simpan di kandang," tuturnya.

Namun kali ini, pemilik kambing yang unik ini, Fajar membuat keputusan yang mengejutkan dengan mengumumkan bahwa kambing tersebut tidak akan dijual, kecuali dibayar dengan perjalanan umroh. 

Baca Juga: 62 Daftar SMP dan MTs Terbaik di Kabupaten Sukabumi

"Tadi pagi juga ada kan, teman yang nawarin kambing saya ke orang Arab. Saya sih cuman bercanda mintanya diumrohin aja ustad yang ngurusnya, ya udah saya nego dulu, katanya gitu. Kalau teman-teman di kandang sih, inginnya dipelihara," terangnya.

Ia menyebut, akan melepas dombanya bilamana memberangkatkan umroh Ustad Maman (pengurus ternak). "Karena dari hati kecil, saya ada cita-cita supaya yang mengurus di sini tuh bisa umroh, kalau nominal saya gak tau lah," tuturnya.

Menurutnya setelah beternak selama kurang lebih dua tahun, baru mendapatkan femomena seperti ini. Fajar menyebut, semenjak ada domba itu, ada perubahan dari rizki, yang mana bukan cuma uang.

"Banyak ternak yang laku terjual, mungkin wasilahnya akibat dari itu, tapi kalau percaya adanya itu terus menimbulkan rizki berupa materi yang signifikan sih enggak," pungkasnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT