Sukabumi Update

AC KA Pangrango Sukabumi-Bogor Mati, 29 Penumpang Dapat Ganti Rugi

Kereta Api (KA) Pangrango di Stasiun Sukabumi. (Sumber : Dok. PT KAI Daop 1 Jakarta)

SUKABUMIUPDATE.com - Kereta Api (KA) Pangrango 203 relasi Sukabumi-Bogor mengalami masalah kelistrikan sehingga air conditioner (AC) di salah satu gerbong kereta tersebut mati di sepanjang perjalanan dari Stasiun Sukabumi menuju Stasiun Bogor, Senin 12 Juni 2023.

Terkait itu, PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas adanya kendala AC pada salah satu gerbong Kereta dirangkaian KA Pangrango, yakni kereta Eksekutif no.2 tersebut.

Selain itu, PT KAI juga memberikan ganti rugi kepada 29 penumpang berupa pengembalian biaya sebesar 50 persen dari harga tiket.

“Kendala terjadi saat KA Pangrango 203 beroperasi pada Senin, 12 Juni 2023 pukul 11.25 WIB dari Stasiun Sukabumi menuju Stasiun Bogor. Dalam perjalanan terdapat kendala kelistrikan pada AC di kereta eksekutif no.2  sehingga mengganggu kenyamanan perjalanan penumpang,” ujar Pelaksana harian Manager Humas Daop 1 Jakarta Feni Novida Saragih dalam keterangannya yang diterima sukabumiupdate.com Selasa (13/6/2023).

Baca Juga: Jadwal Terbaru KA Pangrango Berlaku Mulai 1 Juni 2023, Cek Rinciannya!

Menurut Feni, KAI Daop 1 Jakarta telah memberikan kompensasi berupa pengembalian bea 50 persen harga tiket kepada 29 penumpang Kereta Eksekutif no.2 tersebut yang proses pengembaliannya dilayani di Stasiun Bogor dan Stasiun Bogor Paledang.

“Dikarenakan tidak adanya rangkaian cadangan, maka rangkaian KA Pangrango tersebut tetap melanjutkan melayani perjalanan penumpang dengan menggunakan 1 Kereta Eksekutif dan 4 kereta ekonomi, sementara kereta eksekutif no.2 yang sebelumnya mengalami kendala AC tidak digunakan untuk penumpang,” ujarnya.

Daop 1 Jakarta juga telah menutup penjualan tiket khusus kereta Eksekutif no.2 setelah kejadian tersebut. Adapun bagi penumpang yang sebelumnya sudah membeli tiket dan memilih duduk di kereta Eksekutif no. 2 dialihkan untuk duduk di kereta Eksekutif no.1 yang AC nya berfungsi normal.

“Sebelum perjalanan terakhir KA Pangrango dari Stasiun Bogor, Tim Sarana KAI Daop 1 Jakarta melakukan penanganan dari kendala tersebut sehingga pada keberangkatan pukul 19.30 WIB dari Stasiun Bogor, AC yang terkendala tersebut sudah berfungsi normal kembali,” tandasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT