Sukabumi Update

Pemkot Sukabumi Gencarkan Kampanye KTR dan Edukasi Bahaya Merokok

Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Hari Hipertensi Sedunia, dan Hari TB Sedunia Tahun 2023 tingkat Kota Sukabumi di halaman kantor Dinas Kesehatan, Kamis, 15 Juni 2023. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Hari Hipertensi Sedunia, dan Hari TB Sedunia Tahun 2023 tingkat Kota Sukabumi digelar di halaman kantor Dinas Kesehatan, Kamis, 15 Juni 2023. Momen ini untuk mendorong derajat kesehatan warga dengan edukasi kawasan tanpa rokok (KTR) dan deteksi dini penyakit tidak menular (PTM).

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi Reni Rosyida Muthmainnah, dan perwakilan unsur Forkopimda. Kegiatan ini diawali dengan pelepasan tim kampanye edukasi KTR ke tiga titik yakni Gedung Juang 45, Toserba Selamat, dan Ramayana.

''Momen ini untuk membangun kebersamaaan. Mari bangun Sukabumi lebih sehat salah satunya edukasi bahaya merokok bagi kesehatan,'' ujar Achmad Fahmi.

Menurut Fahmi, masyarakat sudah mengetahui bahaya merokok dan tinggal mengaplikasikannya. Fahmi menerangkan Pemerintah Kota Sukabumi memiliki peraturan daerah, perwalkot, dan menyiapkan KTR. Misalnya lokasi yang berhubungan dengan pusat perbelanjaan membuat ruangan khusus untuk merokok supaya kondisi warga terjaga.

Di sisi lain, terkait hipertensi menjadi penyebab kematian di Indonesia. Hari Hipertensi menjadi media edukasi agar tingkat kesadaran tinggi yang paling penting cek kesehatan sehingga lebih awal diketahui terkena hipertensi atau tidak. Terkait TB, kata Fahmi, Indonesia peringkat kedua di dunia, menunjukkan kasus masih banyak dan momen ini deklarasi supaya kota berkurang kasus TB. Salah satunya menemukan kasus jauh lebih baik daripada tidak menemukan kasus.

''Temukan dan obati sampai sembuh, dengan kolaborasi dengan rumah sakit dan puskesmas serta klinik,'' ungkap Fahmi.

Plt Kepala Dinkes Kota Sukabumi Reni Rosyida Muthmainnah mengatakan ada tiga momen yang diperingati sekaligus. Ketiganya yakni 31 Mei Hari Tanpa Tembakau Sedunia, 24 Maret Hari Tuberkulosis Sedunia diperingati, dan Hari Hipertensi Sedunia (World Hypertension Day ) diperingati setiap tanggal 17 Mei setiap tahunnya.

''Ketiganya diperingati dalam satu rangkaian pelepasan kampanya hari tanpa tembakau,'' ungkapnya. Kegiatan ini mendorong peran serta dan kolaborasi dalam bidang kesehatan sehingga derajat kesehatan masyarakat meningkat.

Tujuannya kesadaran masyarakat akan bahaya merokok meningkat dan tidak merokok di tempat umum. Pentingnya upaya pencegahan dan mengenal gejala dari hipertensi. Selain itu komitmen fasyankes dalam layanan TBC bermutu dengan deklarasi fasyankes layanan TBC.

Sumber: Website KDP Setda Kota Sukabumi

(Advertorial)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT