Sukabumi Update

Bertemu Masyarakat, Drh Slamet Dorong Penghijauan Hutan Pajampangan Sukabumi

Drh Slamet saat bertemu lembaga masyarakat desa hutan dan penggiat hutan yang tergabung dalam HIMAPILIHAN di Kampung Cigadog, Desa Cikaranggeusan, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, beberapa waktu lalu. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) drh Slamet bertemu lembaga masyarakat desa hutan dan penggiat hutan yang tergabung dalam Himpunan Masyarakat Peduli Hutan dan Lingkungan (HIMAPILIHAN) di Kampung Cigadog, Desa Cikaranggeusan, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi.

Dalam pertemuan itu, masyarakat menyampaikan sejumlah harapan mereka kepada drh Slamet selaku legislator asal daerah pemilihan Sukabumi. Harapan tersebut antaran lain warga menginginkan Hutan Hanjuang Selatan yang terbentang meliputi Kecamatan Jampangkulon, Cimanggu, dan Kalibunder, dari Puncak Buluh hingga Gunung Patat, kembali hijau.

"Kami menerima dan menampung harapan-harapan warga Sukabumi dan akan dibawa ke pembahasan di DPR RI," kata Slamet kepada awak media pada Jumat (16/6/2023).

Slamet menyebut Puncak Buluh merupakan tol level Hutan Hanjuang yang berperan strategis dalam ketersediaan air untuk memenuhi hajat hidup orang banyak, khususnya warga Pajampangan. Bahkan ada empat sungai besar termasuk ikon Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp) yang bergantung kepada suplai air dari Puncak Buluh.

Baca Juga: Drh Slamet Fasilitasi 30 P2L Per Tahun untuk KWT-Poktan di Sukabumi

"Saya mengapresiasi upaya yang telah dilakukan masyarakat bersama teman-teman penggiat yang selama ini secara sukarela menjaga hutan dengan melakukan konservasi. Ini merupakan modal kearifan lokal yang sangat berharga," ujar politikus senior PKS ini.

Menurut Slamet, pekerjaan rumah berikutnya adalah membangun sinergitas dengan berbagai stakeholder, khususnya pemerintah selaku pemangku kebijakan, dalam menghijaukan kembali Hutan Hanjuang. "Saya pikir sinergi positif ini bisa dibangun dengan model pemberdayaan sehingga output-nya hutan terjaga dan masyarakat sejahtera," katanya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT