Sukabumi Update

Melihat Jalan Nangela Sukabumi, Rusak Dilintasi Truk Tambang Baru Diperbaiki 2,5 Km

Jalan kabupaten ruas Cibugel-Nangela di Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi mengalami kerusakan. Jalan sepanjang 5 kilometer itu kerap dilintasi kendaraan pengangkut batu besi. (Sumber : Ragil Gilang)

SUKABUMIUPDATE.com - Jalan kabupaten ruas Cibugel-Nangela di Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi mengalami kerusakan. Jalan sepanjang 5 kilometer itu kerap dilintasi kendaraan pengangkut batu besi dari lokasi pertambangan di Kampung Cikupa.

Pada tahun 2021, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan berupa pengaspalan hotmik sepanjang 2,5 kilometer dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 senilai Rp 2.862.876.000,00.

Namun yang 2,5 kilometer lagi belum tersentuh selama bertahun-tahun. Kerusakan parah di jalan ruas Cibugel-Nangela terjadi di hutan Jati dan Tanjakan Cikidang.

Baca Juga: Pasang Susuk hingga Main Mata, Dibalik Cerita Mantan TKW Sukabumi

"Yang belum tersentuh 2,5 kilometer dari Kampung Cikidang sampai Kampung Sinarmuda, kerusakannya aspal sudah mengelupas, banyak lubang kalau hujan tergenang air, terutama warga sangat kesulitan apabila melewati tanjakan baik menggunakan motor atau mobil, apalagi musim hujan jalan sangat licin," kata Piat (50 tahun) warga Kampung Cikupa Desa Nangela kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (17/6/2023).

Menurut Piat, warga dan pemerintah desa tak diam dengan kondisi ini. Mereka melakukan perbaikan secara swadaya. "Setiap hari ditambal dengan batu pengerasan, batu dari pemberian pak Kuwu [Kades]," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala UPTD PU Wilayah Sagaranten, Dedi Junaedi membenarkan adanya kerusakan dibeberapa titik ruas jalan Cibugel - Nangela yang diperbaiki 2 tahun yang lalu. "Memang disana lokasi tanahnya labil, juga banyak truk bermuatan berat melebihi kapasitas," ungkapnya.

Baca Juga: Penutupan Jembatan Cikereteg Penghubung Sukabumi-Bogor Diperpanjang 6 Hari Kedepan

"Adapun sisa jalan yang belum diperbaiki sepanjang 2,5 kilometer, kami sudah mengusulkan untuk lanjutan perbaikan di ruas tersebut. Semua ruas jalan yang rusak di wilayah kerja UPTD Sagaranten, semuanya diusulkan," ujarnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT