Sukabumi Update

Pasar Hingga Dermaga, Ini Titik Banjir Akibat Luapan Sungai Cipalabuan Sukabumi

Hujan deras yang mengguyur wilayah Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi membuat sungai Cipalabuhan meluap hingga menyebabkan banjir, Senin (19/6/2023). (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi membuat sungai Cipalabuan meluap hingga menyebabkan banjir, Senin (19/6/2023).

Titik banjir terjadi di daerah Babakan Gumelar kemudian pasar Palabuhanratu dan dermaga Palabuhanratu.

Video banjir yang terjadi akibat meluapnya sungai Cipalabuhan ini berada di grup-grup whatsapp dan media sosial. “Air Sungai Cipalabuhan meluap, ini sudah langganan kalau hujan pasti meluap sampai ke dermaga Palabuhanratu,” demikian suara dalam video yang menunjukan derasnya air di sungai Cipalabuan.

Baca Juga: Kapan Hasil PPDB Jabar 2023 Tahap 1 Jenjang SMA dan SMK Diumumkan?

Video lain menujukan kondisi pasar Palabuhanratu yang digenangi air. "Pasar Palabuhanratu banjir," terdengar suara seorang wanita.

Camat Palabuhanratu Ali Iskandar membenarkan kejadian tersebut. Menurut dia ada beberapa penyebab banjir ini diantaranya tingginya curah hujan serta dangkal dan sempitnya Sungai Cipalabuan ditambah tangul sungai yang pendek.

“Banjirnya mulai daerah Babakan Gumelar, Pasar Palabuhanratu dan dermaga,” kata Ali.

Dia meminta warga dan aparat tetap waspada meskipun aliran air di Sungai Cipalabuhanratu mulai reda pada pukul 17.30 WIB.

Menurut Ali, yang harus dilakukan agar banjir ini tak terjadi lagi adalah normalisasi sungai.

Dia menyatakan sudah melaporkan kondisi ini kepada dinas terkait di Provinsi Jabar, namun tangapannya masih normatif. "Mudah-mudahan ada solusi." ujarnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT