Sukabumi Update

BPBD Kota Sukabumi Beri Pelatihan Dasar Manajemen Bencana bagi Calon Relawan

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami saat memberikan materi dasar manajemen bencana kepada siswa calon Relawan Korps Sukarela (KSR) PMI Kota Sukabumi. | Foto: BPBD Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi memberikan materi dasar manajemen bencana kepada siswa calon Relawan Korps Sukarela (KSR) PMI Kota Sukabumi, Minggu, 18 Juni 2023 di Markas PMI Kota Sukabumi.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami mengapresiasi atas semangat dan partisipasi aktif para peserta yang terus tetap semangat mengikuti rangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan Korps Sukarela PMI Kota Sukabumi.

Menurutnya, selain memupuk jiwa kerelawanan, pelatihan dasar manajemen bencana juga sangat penting karena untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan dalam penanggulangan bencana. “Pelatihan ini penting karena untuk meningkatkan kompetensi, baik bidang pengetahuan, keterampilan, dan sikap calon relawan yang akan bergabung dalam organisasi PMI,” kata Zulkarnain.

Baca Juga: Dipicu Hujan Deras, BPBD Catat 10 Kejadian Longsor di 9 Titik Kabupaten Sukabumi

Melalui pelatihan tersebut, Zulkarnain melihat materi yang berkaitan dengan manajemen bencana akan terus berguna hingga ke depannya. Sebab, wilayah Kota Sukabumi masuk dalam kawasan rawan bencana terlebih dengan adanya sesar aktif Cimandiri. “Seluruh elemen masyarakat perlu diberdayakan dan dilibatkan dalam penanggulangan bencana, termasuk peran relawan PMI,” katanya.

Menurut Zulkarnain, risiko bencana dapat diturunkan.dengam formulasi peningkatan kapasitas aparat dan warga seperti kegiatan pendidikan dan pelatihan bencana dan di sisi lain menurunkan kerentanan bencana itu sendiri mulai fisik sosial ekonomi serta lingkungan yang ada.

"Karena itu pelatihan harus mendahului bencana agar kita siap menghadapinya," kata dia.

(Advertorial)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT