Sukabumi Update

Buntut Pembakaran Pos PP di Kota Sukabumi, Massa Geruduk Rumah Terduga Pelaku

Sejumlah massa berseragam ormas Pemuda Pancasila (PP) menggeruduk rumah terduga pelaku pembakaran pos PP ranting Ciandam Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah rumah di Kampung Selagombong, Kelurahan Cibeureumhilir, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi, digeruduk puluhan orang berseragam ormas Pemuda Pancasila (PP), Rabu (21/6/2023) siang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, rumah tersebut ditengarai dihuni terduga pelaku pembakaran pos atau markas PAC PP ranting Ciandam dinihari tadi. Massa secara spontan berdatangan dan berkumpul di depan rumah tersebut diduga akibat tersulut emosi begitu mendengar adanya kasus pembakaran.

Beruntung aparat kepolisian berpakaian preman yang sudah berada di lokasi langsung mengantisipasi dengan membubarkan kerumanan massa setelah sebelumnya melakukan pendekatan secara persuasif kepada mereka.

Setelah amarah massa dapat diredam oleh aparat Kepolisian, tidak berselang lama, massa kembali dan berkumpul di Kantor Sekretariat PP PAC Cibeureum di Jalan Ciandam, Kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi, untuk menunggu arahan dari MPC PP Kota Sukabumi.

Baca Juga: Pos Pemuda Pancasila di Kota Sukabumi Dibakar OTK, Diduga Gegara Hal Ini

Kapolsek Cibeureum Polres Sukabumi Kota, AKP Suwaji mengatakan, aksi tersebut tidak berujung pada pengrusakan, mengingat massa bisa diantisipasi dan membubarkan diri. 

"Dengan adanya penyerangan tersebut, antisipasi dari pihak kepolisian, kami menurunkan anggota untuk melakukan pengamanan, tadi alhamdulillah masa sudah kita bubarkan, sehingga tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan," ujar Suwaji kepada sukabumiupdate.com.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, lanjut Suwaji, pihaknya sudah menyiagakan personel kepolisian di sejumlah titik. 

"Antisipasi dengan menurunkan anggota untuk melakukan pengamanan di lokasi-lokasi, seperti Ciandam maupun tempat lainnya," ujarnya.

Adapun terkait peristiwa pembakaran Pos PAC PP Ranting Ciandam dan pengrusakan kaca Kantor Sekertariat PP PAC Cibeureum, Suwaji menyebut pihaknya saat ini masih sedang melakukan penyelidikan.

"Informasi di lapangan masih kita gali, apakah masih ada keterkaitan dengan kejadian yang awal (pemecahan kaca) karena sampai hari ini masih dalam tahap pengembangan biar ada titik terang siapa yang melakukan kejadian (pembakaran Pos) tersebut, " jelas dia.

Suwaji kemudian mengimbau kepada semua anggota Pemuda Pancasila untuk bisa menahan diri dan tidak bertindak anarkis atau main hakim sendiri.

"Saya mengimbau kepada seluruh anggota Pemuda Pancasila dari Rantaing PP maupun dari Cabang untuk meredam, jangan sampai berbuat anarkis, karena sekarang masih dalam tahap penyelidikan pihak kepolisian," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Pos ranting Pengurus Anak Cabang (PAC) Ormas Pemuda Pancasila (PP) Kota Sukabumi yang berada di Jalan Ciandam Rt 02/06, Kelurahan Cibeureumhilir, Kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi, dibakar Orang Tidak Dikenal (OTK) pada Rabu (21/6/2023) sekitar pukul 03.00 WIB dinihari tadi.

Ketua PAC PP Kecamatan Cibeureum, Sarif Hidayat menduga pembakaran pos tersebut merupakan buntut dari penonaktifan 2 orang pengurus PAC Cibeureum berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh majelis pimpinan Cabang Kota Sukabumi.

"Kronologis ketika adanya penonaktifkan wakil ketua I dan wakil ketua II dari MPC pada 17 Juni. Malamnya sekitar pukul 22.30 WIB kaca sekertariat PAC ada yang memecahkan," ucapnya.

"Puncaknya sekarang tanggal 21 ada kejadian lagi Pos PP ranting Cibeureum dibakar atau kebakaran," tambahnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT