Sukabumi Update

Segarnya Curug Cierang, Wisata Alam Hidden Gem di Cisolok Sukabumi

Curug Cierang, Desa Wangunsari, Cisolok, Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Rekomendasi objek wisata alam di Kabupaten Sukabumi seakan tak pernah habis, selalu ada yang destinasi wisata alam baru yang menantang untuk dikunjungi. Salah satunya adalah obyek wisata alam Curug Cierang yang terletak di Kampung Cierang Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok.

Curug Cierang merupakan salah satu spot wisata alam air terjun. Curug Cierang memiliki daya tarik sendiri dibandingkan dengan Curug lainnya yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Curug Cierang menawarkan keindahan alam yang sangat memesona, bak surga tersembunyi dibalik Gunung Cierang dan Gunung Beser yang rimbun, matahari mengintip di celah daun-daun dengan udara yang sejuk. 

Air terjun Curug Cierang ini memiliki ketinggian 25 meter dengan air yang bersih dan jernih sehingga menjadi daya tarik sendiri.

Untuk mencapai Curug Cierang, Wisatawan bisa menggunakan sepeda motor untuk mencapai Curug Cierang dengan menempuh jarak sekitar 2 kilo meter dari geyser Cipanas Cisolok dan sekitar 600 meter dari permukiman warga.

Baca Juga: Curug Panganten Ciemas, Potensi Wisata Sukabumi yang Jangan Dilewatkan

Ketua Bumdes Bina Harapan Desa Wangunsari Asep Pahrudin mengatakan, pada tanggal 18 Juni 2023 pihaknya bersama warga sekitar bergotong-royong membuka akses jalan menuju Curug Cierang. Oleh karenanya, menurut Asep, saat ini Curug Cierang belum bisa dibuka untuk umum dikarenakan medan menuju curug masih curam.

"Sebenernya potensi alam itu belum bisa dimaksimalkan oleh pemerintahan desa, saya sebagai ketua Bumdes baru melihat potensinya yang sangat bagus untuk memberdayakan masyarakat dalam perekonomiannya," ujar Asep kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (24/6/2023).

"Sebetulnya dulu itu sempat banyak bule (wisatawan asing) yang datang ke Curug Cierang sebelum Covid19," sambungnya.

Asep menjelaskan, Curug Cierang akan menjadi desa wisata yang ada di Desa Wangunsari, sehingga pihaknya bersama pemerintahan desa akan mengelola tempat tersebut.

"Sehingga nanti kalau misal pengunjung membawa mobil atau motor bisa di simpan ditempat parkir yang sudah di sediakan, kalau misalnya tidak berani bawa motor, dikarenakan menanjak kiri kanan agak curam, sehingga kami menyediakan petugas yang udah biasa melintasi medan tersebut," jelasnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT