Sukabumi Update

Sejumlah Anak di Purabaya Sukabumi Diduga Keracunan Makanan saat Acara Samen

Puskesmas Purabaya Kabupaten Sukabumi melakukan pertolongan pertama kepada sejumlah anak yang diduga keracunan makanan saat acara samen. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Keracunan massal terjadi di Kampung Cinangka Desa/Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Senin (26/6/2023) sekitar pukul 09.00 WIB pagi. Sejumlah anak diduga keracunan setelah mengkonsumsi jajanan makroni telur saat mengikuti acara kenaikan kelas atau samen Madrasah Ibtidahiyah (MI) di wilayah tersebut.

Humas Puskesmas Purabaya, Luthfi Fadillah mengatakan, pihaknya mencatat sebanyak 11 pasien anak harus mendapatkan penanganan medis karena mengalami muntah-muntah setelah mengkonsumsi jajanan makroni telur yang dijajakan salah satu pedagang di acara samen tersebut.

"Sehingga orang tua anak tersebut membawa ke Puskesmas Purabaya untuk mendapat pertolongan pertama dan pemantauan kondisi umum anak tersebut," kata Luthfi kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: 31 Warga dan Karyawan Pabrik di Cikembar Sukabumi Diduga Keracunan Nasi Uduk

Menurut Luthfi, rata-rata pasien anak yang diduga keracunan makanan ini merupakan peserta kenaikan kelas yang duduk di bangku kelas 3 dan kelas 2 Sekolah Dasar.

"Untuk saat ini anak terdampak masih dilakukan observasi di ruang rawat inap Puskesmas Purabaya," imbuhnya.

Terpisah, Camat Purabaya Mulyadi memastikan korban keracunan saat acara Samen di wilayahnya saat ini tengah ditangani tim medis di Puskesmas.

Soal kemungkinan jumlah korban keracunan bertambah, pihaknya dan Tim TRC Puskesmas Kecamatan Purabaya saat ini juga tengah berkoordinasi dengan Polsek Purabaya dan P2BK untuk melakukan pendataan dan penyelidikan.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT