Sukabumi Update

Disbudpora Hadirkan Perang Bojongkokosan di Soekaboemi Tempo Doeloe 2023

Antusias warga mengunjungi ornamen dan diorama Perang Bojongkokosan yang dihadirkan Disbudpora Kabupaten Sukabumi di STD 2023. (Sumber : SU/Fitriansyah)

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga atau Disbudpora Kabupaten Sukabumi menghadirkan ornamen Perang Bojongkokosan dalam Soekaboemi Tempo Doeloe (STD) 2023. Event sejarah kembali di gelar sebagai ajang wisata dan edukasi tentang Sukabumi.

Kembali berlangsung di Heritage Wisma Wisnu Wardhani Jalan Bhayangkara Kota Sukabumi, STD 2023 menghadirkan beragam atraksi dan narasi sejarah ke Sukabumian. Perang Bojongkokosan sendiri adalah salah satu peristiwa sejarah mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia yang berlangsung selama berhari-hari di sepanjang jalan dari Bogor - Sukabumi dan Cianjur.

Bojongkokosan adalah nama wilayah di Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi yang menjadi salah satu spot pertempuran paling epik pada tanggal 9 Desember 1945.

Saat itu tentara bersama rakyat menghadang dengan gagah berani konvoi pasukan belanda dan sekutunya, yang berencana menuju Bandung.

Baca Juga: Soekaboemi Tempo Doeloe 2023, Acara Pameran Festival Budaya Gratis!

Perlawanan rakyat di Sukabumi ini juga disebut-sebut sebagai pemicu perang perang mempertahankan kemerdekaan RI di Jawa Barat lainnya, termasuk Bandung Lautan Api.

Untuk mengenang dan mengingat perjuangan rakyat Sukabumi ini, pemerintah membangun sebuah museum di kawasan Bojongkokosan, tempat dimana para pejuang republik melumat konvoi pasukan belanda dan sekutunya waktu itu.

Menampilkan kembali peristiwa Perang Bojongkokosan di ajang event wisata sejarah Soekaboemi Tempo Doeloe, merupakan upaya Disbudpora memperkenalkan peristiwa penting dimasa lalu untuk generasi muda.

"Sekaligus memberikan edukasi yang lebih luas kepada masyarakat tentang pentingnya perang Bojongkokosan dalam sejarah perjuangan rakyat Sukabumi," ujar Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpora Kabupaten Sukabumi Yanti Irianti kepada sukabumiupdate.com, Minggu (2/7/2023).

Menurut Yanti, Disbudpora sangat mengapreasiasi kegiatan Soekaboemi Tempo Doeloe ini. "Karena tidak ada masa kini kalau tidak ada masa lalu. Kolaborasi yang baik dalam pelaksanaan STD ini," tandasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT