Sukabumi Update

Perumdam TJM Cicurug Sukabumi Percepat Perbaikan Kebocoran Pipa di Sadamukti

Perbaikan pipa saluran air di Kampung Sadamukti, Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Perumda Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumdam TJM) Sukabumi Cabang Cicurug melakukan perbaikan pipa saluran air di Kampung Sadamukti, Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Perbaikan ini dilakukan setelah menerima keluhan warga mengenai indikasi kebocoran di area tersebut pada Senin (17/7/2023).

Kepala Cabang Perumdam TJM Cicurug Tatang Somantri mengatakan perbaikan pipa di Kampung Sadamukti penting dilakukan karena lokasinya di tengah jalan aspal. Keberadaan kebocoran dapat memperburuk kondisi jalan, mengingat frekuensi kendaraan yang melintas di area tersebut. "Kemungkinan kebocoran terjadi akibat sambungan pada pipa 6 inch yang bergeser di pinggir jalan. Biasanya, sambungan tersebut menggunakan karet untuk menjaga kekokohan," kata Tatang.

Tatang mengatakan perbaikan pipa untuk pelayanan zona B di Kampung Sadamukti dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Namun sebelum mematikan saluran air, tim teknis Perumdam TJM Cicurug melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Hasil pemeriksaan menunjukkan kebocoran disebabkan oleh karet pada pipa yang aus, bukan kerusakan pada pipa itu sendiri.

"Setelah melihat kondisi pipa, kita bisa menentukan langkah perbaikan yang tepat. Tidak sulit untuk memperbaiki karet pada pipa tersebut," tambah Tatang.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas SDM, Perumdam TJM Sukabumi Gelar Pelatihan Pelayanan Prima

Adapun wilayah yang terdampak langsung oleh perbaikan pipa tersebut antara lain Sadamukti, Pasawahan, Sindang Resmi, Sindangpalay, Cibeber Girang, Tenjoayu, Bangkong Reang, Jalan Cimelati, Kaum Babakan, Lemko, dan Nempel. Kendati demikian, ia menyatakan perbaikan pipa berlangsung dengan cepat dan efisien. Sekitar pukul 13.00 WIB, saluran air sudah kembali normal dan berfungsi dengan baik.

"Perbaikan yang dilakukan hanya melibatkan penggantian karet yang aus pada sambungan pipa, tanpa memerlukan penggantian seluruh pipa," tuturnya.

Lebih lanjut, ia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya atas laporan kebocoran yang diberikan oleh warga sekitar. "Alhamdulillah ketika ada laporan kebocoran, saya sangat berterima kasih, ketika kebocoran itu tidak diketahui oleh rekan di cabang, kita langsung quick response," katana.

Kecepatan tanggapannya dalam menangani kebocoran ini menunjukkan komitmen Perumdam TJM Cicurug untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. (ADV)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT