Sukabumi Update

Sumur Tujuh, Jejak Ritual Ngabungbang hingga Tempat Favorit Warga Surade Sukabumi

Anak anak sedang mandi di Sumur Tujuh Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Objek wisata di wilayah Pajampangan tidak hanya menyajikan objek wisata pegunungan, laut, air terjun, dan danau. Satu lagi, objek wisata sungai sekaligus menjadi destinasi wisata religi, bisa menjadi pilihan wisatawan domestik saat berkunjung ke Sukabumi Selatan.

Salah satu wisata religi yang wajib anda kungjungi yakni Sumur Tujuh di Kampung Sumur Bandung RT 03/09, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade. Terletak di atas lahan seluas 6 meter X 6 meter.

Dari jumlah total tujuh sumur, yang masih terlihat saat ini tinggal empat sumur dengan kedalaman bervariasi, yakni 50, 100, 150 centimeter, hingga yang paling dalam 2 meter.

Kolam tujuh sumur ini tidak pernah kering, karena alirannya berasal dari sumber mata air. Warga sekitar banyak yang memanfaatkan aliran air dari Sumur Tujuh untuk mengairi sawah dan tanaman lain di saat musim kemarau.

Bahkan di siang dan sore hari, banyak warga Pajampangan, sengaja mandi untuk menikmati jernih dan sejuknya air sumur tersebut. Tidak hanya itu, sudah sejak lama air dari sumur tujuh ini dijadikan media pengobatan alternatif dan ritual ngabungbang setiap tanggal 14 Mulud atau Rabiul Awwal.

"Sudah sejak lama sudah tidak dipakai ritual ngabungbang, pas dibuka menjadi objek wisata oleh Pemdes sekitar tahun 2017," kata ustad Soleh tokoh spiritual warga Sukamaja RT 04/09 Desa Pasiripis, kepada Sukabumiuodate.com, Sabtu (22/7/2023).

Jika dibedah sejarahnya, kata Soleh, Sumur Tujuh akan panjang sekali. Namun yang jelas pada tahun 1940 tempat itu sudah dijadikan media kebatinan oleh kakeknya, turun temurun sampai tahun 2017, karena sudah dijadikan objek wisata, sehingga kami pindah lokasi ke Ciherang, masih di Desa Pasiripis.

"Karena tempat itu sudah dijadikan lokasi objek wisata, dan pastinya banyak pengunjung, akhirnya kami pindah," pungkasnya.

Lokasi Sumur Tujuh berada dijalan kabupaten ruas Cibungur - Minajaya, dari jalan provinsi Surade - Ujunggenteng, masuk ke arah Pantai Minajaya, sekitar 1,5 kilometer, pas di Kampung Sumur Bandung, masuk jalan desa yang sudah diaspal, kurang lebih 300 - 400 meter sampai dilokasi.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT