Sukabumi Update

Batu Puter, Cerita Jejak Terakhir Prabu Siliwangi di Pesisir Selatan Sukabumi

Batu Puter, destinasi wisata religi di Ujunggenteng Sukabumi (Sumber:sukabumiupdate/ragil)

SUKABUMIUPDATE.com -  Di Pantai Ujunggenteng, selain memimiliki keindahan pesisr pantai, juga memiliki wisata religi berupa petilasan Prabu Siliwangi, yaitu Keramat Batu Puter yang berlokasi di Kampung Batu Puter RT 02/02, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Tempat tersebut mulai dibuka sekitar tahun 1946 jaraknya sekitar 200 meter dari Pantai Kalapacondong Ujunggebteng. Batu Puter dipercaya sebagai tempat tilemnya (menghilangnya) Prabu Siliwangi yang ditandai dengan adanya lingkaran batu dengan diameter tiga meter.

Menuju tempat Kramat Batu Puter Ujunggenteng ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam lamanya dari ibu kota Kecamatan Ciracap, dengan jarak sekitar 15 Kilometer (Km) dan masuk dari jalan utama, Jalan Raya Surade - Ujunggenteng, dari Kampung Cipaku kira-kira 300 meter ke lokasi.

Batu Puter, destinas wisata religi di Ujunggenteng Sukabumi | Foto :  Ragil GilangBatu Puter, destinas wisata religi di Ujunggenteng Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

Baca Juga: 7 Karakter Orang yang Menyukai Warna Kuning, Cerdas dan Energik

Juru kunci Batu Puter, Asep menyebutkan sampai saat ini selalu ada yang datang untuk berziarah. Baik dari wilayah Pajampangan maupun luar daerah, seperti Sukabumi, Bogor, serta Jakarta," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Senin (24/7/2023).

"Kebanyakan yang ziarah ke tempat ini untuk meminta barokah kepada Allah SWT, dengan segala permasalahannya. Juga maksud untuk kelancaran usaha, dan maksud lainnya," imbuhnya.

Saat sukabumiupdate.com, berkunjung ke lokasi, tampak diareal lokasi ada rumah panggung, sebuah musola, MCK, dan bangunan yang didalamnya terdapat batu dipagar besi teralis dan ditutup kain warna hijau, sajadah, dan bekas membakar dupa.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT