Sukabumi Update

Tol Bocimi Seksi 2 Segera Beroperasi, Berapa Lama dari Jakarta ke Cibadak?

Jalan tol Bocimi disebut mampu memangkas waktu tempuh Jakarta-Sukabumi menjadi hanya 2,5 jam | Foto: Tangkapan layar YouTube/Edwar Widodo

SUKABUMIUPDATE.com - Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) Seksi 2 Cigombong-Cibadak rencananya akan segera dibuka dan beroperasi untuk umum. Dengan dibukanya ruas tol tersebut nantinya akan mempersingkat waktu tempuh Sukabumi-Jakarta yang menjadi Ibu Kota Negara.

Hal tersebut diungkapkan SVP Corporate Secretary Waskita Karya, Ermy Puspa Yunita yang mengatakan jalan tol sepanjang 11,90 km ini akan mampu memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi maupun sebaliknya selama 2 jam 30 menit.

"Sebelum hadirnya tol ini, masyarakat menempuh waktu 5 jam, harus melewati jalur kemacetan seperti Cicurug, Parungkuda dan Cibadak," kata Ermy dalam keterangan resminya, dikutip Rabu (2/8/2023).

Baca Juga: Rencana Diresmikan Presiden Jokowi, Tol Bocimi Seksi 2 Beroperasi 4 Agustus 2023

Jalan Tol Bocimi setelah diresmikan nantinya diharapkan juga dapat memperlancar aktivitas industri dalam penyaluran logistik dari dan menuju Sukabumi.

Selain itu, kehadiran tol Bocimi diharapkan dapat meningkatkan potensi wisata yang terdapat di wilayah Sukabumi dan sekitarnya.

“Kehadiran Tol Bocimi juga memberikan dukungan terhadap konektivitas menuju banyak pariwisata di daerah Jawa Barat seperti Palabuhanratu, Ujunggenteng, Geopark Ciletuh hingga Gunung Gede," ujarnya.

Baca Juga: 7 Wisata Air Terjun di Dekat Tol Bocimi Sukabumi, Rekomendasi Bagi Para Petualang

Peresmian Tol Bocimi seksi 2 sendiri dijadwalkan bakal dilakukan pada Jumat, (4/8/2023) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Keterangan ini disampaikan Humas PT Waskita Karya Tbk Edi Abas.

Edi mengatakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akan melakukan pengecekan akhir pengerjaan Tol Bocimi Seksi 2 pada hari ini, Rabu (2/8/2023).

Kedatangan Basuki dan rombongan adalah untuk memastikan kelayakan sebelum jalan tol sepanjang 11,9 kilometer ini diresmikan oleh Jokowi.

Baca Juga: Potensi Kecamatan Parungkuda, Wisata Perkebunan hingga Tol Bocimi Seksi 2

"Sekarang ini ditinjau ulang. Hasil nanti tinjauannya, apa sudah layak diresmikan. Saya rasa sudah layak. Tapi beliau (Basuki Hadimuljono) meninjau dulu dari Kementerian PUPR. Sekarang sudah ada agenda rencana nih, hari Jumat (4 Agustus) insyaAllah mau diresmikan Pak Jokowi," kata Edi kepada sukabumiupdate.com di lokasi, Rabu.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT