Sukabumi Update

Habiskan Rp 114 Juta, Distan Bangun Embung di Sagaranten Sukabumi untuk Pertanian

Distan Kabupaten Sukabumi membangun embung penampungan air di Desa Curug Luhur, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam upaya meningkatkan produksi hasil pertanian, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi membangun embung penampungan air di Desa Curug Luhur, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi.

Dari informasi papan proyek, anggaran pembangunan embung menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2023 sebesar Rp 114.000.000. Bantuan ini diserahkan untuk Kelompok Tani (Poktan) Cihaur, Desa Curug Luhur, Kecamatan Sagaranten.

Ketua Poktan Cihaur, Uus, mengatakan progres pekerjaan pembangunan embung saat ini sudah mencapai 80 persen. Embung tersebut, menurut Uus, dibangun untuk menampung air yang nantinya akan membantu pengairan ke lahan pertanian.

Baca Juga: Antisipasi Kemarau Dampak El Nino, Ini Pesan Distan Sukabumi Kepada Petani

"Panjangnya 19 meter, lebar 15 meter, dengan kedalaman atau tinggi 170 meter. Diharapkan bisa membantu pengairan untuk lahan pertanian seluas 20 hektare," ucapnya kepada sukabumiupdate.com pada Senin (7/8/2023).

"Alhamdulillah, harapan kelompok tani untuk memiliki embung bisa terjawab. Terima kasih kepada Distan," imbuhnya.

Kepala UPTD Pertanian Wilayah Sagaranten Nourma Syahidawati menambahkan embung itu akan menampung air yang bersumber dari air rawa Cisampih. "Ini upaya Distan membantu kelompok tani dalam ketersedian air. Pada akhirnya bisa meningkatkan produksi hasil pertanian. Sekarang belum dibuka, masih tahap pengerjaan," katanya. (ADV)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT