Sukabumi Update

SDN Citangkil Sukabumi Rusak Parah, Siswa Terpaksa Belajar Pindah Kelas

Kondisi kerusakan bangunan kelas SDN Citangkil di Desa Sidamulya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Desa Sidamulya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, mengeluhkan kondisi bangunan SDN Citangkil yang mengalami rusak parah. Sekolah dengan siswa 167 orang ini berlokasi di Kampung Tegalpanjang, Desa Sidamulya.

Kepala Desa Sidamulya, Suhenda, mengatakan kerusakan terberat terjadi tahun ini, terutama ruang kelas I, II, dan III. "Makanya Mei 2023, atap genting kelas I diturunkan akibat takut ambruk karena posisinya sudah miring," kata dia kepada sukabumiupdate.com, Rabu (9/8/2023).

Beberapa ruangan tercatat pada 2007 pernah mendapatkan bantuan rehabilitasi, termasuk kelas I, II, dan III. Namun setelah 16 tahun berlalu, Suhenda mengatakan belum ada lagi bantuan serupa yang datang untuk SDN Citangkil yang total memiliki tujuh ruangan.

Baca Juga: Disdik Sukabumi Soal Over Kapasitas, Siswa Baru SMPN 1 Lengkong Tak Dapat Bangku

Ketujuh ruangan itu yakni enam ruang kelas dan satu ruang guru, hampir semuanya dalam kondisi rusak terutama pada atap karena dimakan usia, namun terparah dialami ruang kelas I. Alhasil, ruangan ini dikosongan dan siswanya terpaksa pindah belajar di ruang kelas II.

Oleh karena itu, siswa kelas II belajar di kelas III, siswa kelas III belajar di kelas IV, siswa kelas IV belajar di kelas V, sedangkan siswa kelas V dan VI pindah belajar di ruangan bekas SMP swasta yang sudah tidak aktif, di mana letaknya dekat dengan SDN Citangkil.

"Hampir semua ruangan mengalami kerusakan, terutama pada bagian atap. Takutnya nanti ketika datang musim hujan dan angin," ujarnya.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi Jujun Junaedi mengatakan semua ruangan SDN Citangkil yang rusak berat rencananya akan direhabilitasi. Namun dia belum dapat memastikan berapa anggaran yang akan turun.

"Pasti kita rehabilitasi, tetapi masalah berapa lokal tergantung dana yang turun," kata Jujun.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT