Sukabumi Update

Melewati 6 Kecamatan dan 15 Desa, Tol Bocimi Seksi III Ditargetkan Selesai 2024

Skema rute Tol Bocimi Seksi III Cibadak - Sukabumi Barat dengan panjang 13,7 kilometer | Foto : SU

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah akan segera mengagendakan pembangunan Tol Bocimi Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat dengan panjang 13,7 kilometer setelah rampung pembebasan lahan yang kini baru mencapai 86 persen.

Berdasarkan data yang dihimpun sukabumiupdate.com pembangunan Tol Bocimi Seksi III ini akan melewati sebanyak 6 kecamatan dan 15 desa serta dengan 12 jembatan di atas sungai.

Keenam kecamatan tersebut adalah kecamatan Ciambar, Nagrak, Cibadak, Caringin, Cicantanyan dan Cisaat. Dari enam kecamatan itu tedapat sekitar 15 desa yang akan terinjak Tol Bocimi Seksi III.

Baca Juga: Bapenda Sukabumi: Pansus Apresiasi Ekspose Naskah Akademik Raperda PDRD

Adapun untuk desa yang dipastikan terdampak Tol ini pertama Desa Cisarua dan Desa Belakambang yang berada di Kecamatan Nagrak, Desa Munjul di Kecamatan Ciambar, Desa Karangtengah dan Desa Cihelangtonggoh di Kecamatan Cibadak.

Sedangkan di Kecamatan Caringin berada di Desa Cijengkol, Mekarjaya dan Desa Talaga. Untuk di wilayah Kecamatan Cicantayan berada di Desa Lembursawah, Cijalingan, Cisande, Cimahi dan untuk Kecamatan Cisaat berada di daerah Desa Kutasirna, Cibolang Kaler dan Desa Selajambe.

Melansir dari suara.com, Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengaku optimis bahwa proses pengerjaan tol Bocimi bisa selesai di akhir tahun 2024 mendatang.

Baca Juga: DPRD Sukabumi Minta PLTMH Segera Tangani Dampak Pembuangan Limbah di Sungai Cikaso

Menurut Endra, pembebasan lahan untuk seksi 3 tersebut sudah mencapai lebih dari 86 persen. Terkait pihak mana yang akan melanjutkan pembangunan Tol Bocimi Seksi III, dia mengatakan bahwa terdapat beberapa opsi mulai dari tetap dilanjutkan oleh Waskita sampai dengan opsi Hutama Karya yang melanjutkan pembangunan proyek tersebut.

Opsi lainnya adalah melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) dititipkan melalui Hutama Karya yang juga melaksanakan pembangunan Seksi 3.

Kendati demikian Endra mengatakan, Kementerian PUPR belum mengetahui keputusan mengenai opsi mana yang akan diambil.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT