Sukabumi Update

Kabar Baik 5 September 2023 Jembatan Cicewol Dibuka, Pembangunannya Dipercepat?

Pembangunan Jembatan Cicewol dipercepat, kabarnya 5 September 2023 dibuka dan bisa dilintasi kendaraan roda empat | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Proyek pembangunan Jembatan Cicewol yang menghubungkan Kecamatan Cidahu dan Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi akan mengalami pembukaan bertahap.

Bagian jembatan yang dapat digunakan oleh pejalan kaki akan mulai dibuka tanggal 17 Agustus 2023, sementara akses total untuk kendaraan dijadwalkan akan dibuka pada tanggal 05 September 2023.

Camat Cidahu, Kurnia Lismana mengungkapkan pada saat dirinya mulai menjabat pada bulan Juni 2023, pembangunan Jembatan Cicewol sudah dalam proses konstruksi.

"Pembangunan ini direncanakan akan memakan waktu 180 hari (6 bulan) berdasarkan SPK, dan jika dihitung dari akhir Mei, akan berakhir pada bulan November," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (9/8/2023).

Baca Juga: Bapenda Sukabumi: Pansus Apresiasi Ekspose Naskah Akademik Raperda PDRD

Namun, kata Kurnia, pihaknya banyak menerima keluhan masyarakat mengenai lambatnya pembangunan, karena jembatan tersebut merupakan akses penting bagi semua pihak, termasuk masyarakat, pengusaha dan pekerja.

Setelah sebulan berlalu, Kurnia melihat bahwa anggaran pembangunan jembatan berasal dari BNPB dan pekerjaan dilakukan secara reguler.

"Karena jembatan ini dibangun dengan beton cor total, waktu yang dibutuhkan tergantung pada pengeringan beton tersebut, yang standarnya adalah 28 hari sebelum dapat diuji tekan dan dinyatakan layak," jelasnya.

Baca Juga: Percepat Penurunan Angka Stunting, Pemkab Sukabumi Gelar Rembuk Stunting 2023

Dalam perjalanannya, Kurnia menerima surat dari salah satu pabrik di Cidahu yang meminta percepatan pembangunan jembatan dan memberikan bantuan zat aditif.

"Saya berdiskusi dengan pihak terkait dan akhirnya disepakati bahwa pengeringan beton bisa dipercepat menjadi 7 hari dengan bantuan zat aditif tertentu," tuturnya.

Ia berharap bahwa dengan percepatan ini, pengecoran dapat dimulai pada tanggal 10 Agustus dan estimasi selesai pada tanggal 17 Agustus untuk pejalan kaki. Namun, ia juga mengakui bahwa berbagai faktor, seperti cuaca dan force majeure, dapat memengaruhi jadwal tersebut.

"Mudah mudahan tanggal 05 September 2023 kita bisa buka secara total, itu kan baru estimasi, saya tidak menjanjikan apapun, saya minta keterangan tersebut dari pelaksana teknisnya," ucapnya.

Baca Juga: DPRD Sukabumi Minta PLTMH Segera Tangani Dampak Pembuangan Limbah di Sungai Cikaso

Pada akhirnya, Ia menyampaikan terima kasih kepada masyarakat atas kesabaran mereka dan berharap upaya percepatan ini dapat berjalan lancar.

"Kami mengajak semua pihak untuk berdoa bersama agar usaha yang dilakukan bersama stakeholder dapat berhasil dengan baik," pungkasnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT