Sukabumi Update

TMMD 117 Selesai, Bupati Sukabumi Apresiasi Kemanunggalan TNI Bersama Masyarakat

Penandatanganan naskah penyerahan hasil TMMD ke 117 dari Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi, Letkol Inf Anjar Ari Wibowo kepada Bupati Marwan Hamami di hadapan Kapok Sahli Pangdam III Siliwangi. (Sumber : Diskominfo Kab. Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi Marwan Hamami menghadiri upacara penutupan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Tahun Anggaran 2023 Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi yang ditutup secara resmi oleh Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapoksahli) Pangdam III/Siliwangi, Brigjen TNI Kuat Budiman, bertempat di Lapangan Curug Hilir Desa Mekarjaya Kecamatan Jampangkulon, Kamis (10/8/2023).

Berbagai infrastruktur telah berhasil dibangun melalui program TMMD, baik berupa fisik maupun non fisik. Pembangunan fisik meliputi pengaspalan jalan, plat beton, rehab mesjid, hingga pembangunan rumah tidak layak huni. Berkaitan pembangunan non fisik antara lain, pelayanan program KB, donor darah, pameran UMKM hingga pelayanan Dukcapil.

Bupati Marwan dalam sambutannya turut mengapresiasi kemanunggalan TNI bersama masyarakat atas keberhasilan pembangunan insfrastruktur di Desa Mekarjaya Kecamatan Jampangkulon melalui program TMMD ke 117.

“Alhamdulillah berkat kemanunggalan TNI yang kuat serta sinergi dan kolaborasi yang dibangun bersama sama di Desa Mekarjaya Jampangkulon ini dapat berjalan lancar dan sukses,” ungkapnya.

Baca Juga: Bupati Sukabumi: TMMD Beri Pelajaran Tentang Gotong Royong Membangun Bangsa

Menurutnya, kemanunggalan TNI-AD dengan karya-karya nyatanya dinilai banyak bermanfaat bagi masyarakat.

“Ini membuktikan kemanunggalan TNI yang hebat, dapat memposisikan rakyat menjadi semakin kuat. Kita tahu bahwa TNI dan rakyat tidak mungkin dapat dipisahkan,” tuturnya.

Marwan menjelaskan, pembangunan infrastruktur di Kabupaten Sukabumi saat ini belum seluruhnya terbangun secara merata, diantara 47 kecamatan 381 desa terdapat 1.700 KM Jalan Kabupaten dan 1.000 KM jalan desa yang belum maksimal. Oleh karena itu, adanya program TMMD diyakini dapat memberikan multiplier effect yang sangat positif, terutama dalam mengakselerasikan pembangunan yang bisa menjadikan daya ungkit pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Bupati menilai, program TMMD ini berpengaruh besar untuk mewujudkan cita dan harapan bersama sebagaimana ditetapkan dalam RPJMD 2021-2026 yakni mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang religius, maju dan inovatif menuju masyarakat sejahtera lahir-batin.

"Percepatan seperti ini tentunya kita harapkan bisa terus di kolaborasikan dengan TNI," tandasnya.

Ditempat yang sama, Kapoksahli Pangdam III/Siliwangi, Brigjen TNI Kuat Budiman meminta agar pembangunan yang telah direalisasikan secara bersamaan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat, baik pembangunan fisik maupun non fisik.

"Kita sangat senang telah berbuat sesuatu yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, kami berharap kemanunggalan TNI dan rakyat bisa dipertahankan dalam meningkatkan silaturahim masyarakat maupun kepentingan lainnya," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan naskah hasil TMMD ke-117 dan dilanjutkan penyerahan naskah hasil TMMD oleh Dandim 0622 Kab. Sukabumi kepada Bupati Sukabumi.

(ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT