Sukabumi Update

Kota Sukabumi Raih 7 Medali di O2SN Jabar, Disdikbud Bicara Rencana Selanjutnya

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Kota Sukabumi Roni Abdulrahman. | Foto: Website Pemkot Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kota Sukabumi meraih tujuh medali pada ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Jawa Barat yang dilaksanakan di Bandung pada 1-3 Agustus 2023. Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sukabumi Roni Abdulrahman pada 8 Agustus 2023 menyebutkan raihan medali terdiri dari satu medali emas, dua medali perak, dan empat medali perunggu.

Roni mengatakan, meski hasil pada 02SN kali ini tidak sesuai target karena kontingen Kota Sukabumi hanya menempati peringkat ketujuh di klasemen akhir, namun setidaknya setiap atlet telah berusaha maksimal dan capaian ini tidak terlalu melenceng jauh dari target yang direncanakan. “Kalau berbicara target, sebetulnya menargetkan lima besar. Tapi belum bisa tercapai. Alhamdulillah tidak terlalu jauh, kita masuk tujuh besar," katanya.

Baca Juga: M Lutfi Nawawi, Siswa Kota Sukabumi Peraih Medali Senam Lantai di O2SN Jabar

Ditanya mengenai rencana untuk meningkatkan prestasi 02SN Kontingen Kota Sukabumi di tahun yang akan datang, Roni menerangkan bahwa saat ini salah satu kendala yang masih dialami adalah pembinaan atlet yang belum terpadu dan dilakukan oleh masing-masing sekolah. Diharapkannya, pihak Disdikbud di masa yang akan datang mampu menyelenggarakan training center bagi atlet yang akan diberangkatkan ke 02SN tingkat provinsi.

“O2SN ini masih banyak mengandalkan pembinaan di sekolah masing–masing. Insyaallah ke depan kita akan melakukan pembinaan yang langsung di bawah Disdikbud. Mungkin pasca-O2SN tingkat kota akan kita lakukan training center," katanya.

Dua atlet yang berprestasi pada 02SN adalah murid SDN Dewi Sartika CBM Ratu Anindya dan Ali Murtadha yang meraih medali pada cabang olahraga atletik. Guru Pembina, Ade Rachmat, ketika ditemui pada 9 Agustus 2023 menjelaskan kedua muridnya  meraih medali perak dan perunggu dan ini merupakan hasil dari persiapan yang dilakukan sejak jauh–jauh hari.

“Prosesnya memerlukan waktu yang cukup lama. Alhamdulillah mereka rajin berlatih bersama saya dan rekan guru olahraga yang lain," ungkap dia. (ADV)

Sumber: Website Pemkot Sukabumi

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT