Sukabumi Update

Meriahkan HUT ke 78 RI, Ini Rangkaian Acara Pesta Rakyat Pakidulan Sagaranten

Kemeriahan Karnaval Pesta Rakyat Pakidulan di Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi, Kamis (10/8/2023). (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Ribuan masyarakat dengan antusias memadati sepanjang ruas jalan Sagaranten-Tegalbuleud menyaksikan Karnaval Pesta Rakyat Pakidulan dalam rangka menyambut HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari jadi Kabupaten Sukabumi ke-153, Kamis (10/8/2023).

Plt Camat Sagaranten Ridwan Agus Mulyawan mengatakan, peserta karnaval ini diikuti kurang lebih 4.000 orang dari berbagai kalangan, diantaranya pelajar, tokoh masyarakat setiap desa, tokoh pemuda, PKK, dan Ormas, dengan berjalan kaki menempuh mulai dari depan kantor Kecamatan hingga menuju ke Terminal Sagaranten atau sejauh sekitar 800 meter.

"Mereka sangat antusias, berbagai atribut dan aksesoris, juga kesenian ikut meramaikan karnaval," kata Ridwan kepada awak media di lokasi.

Baca Juga: Bus Legenda Jubleg-Sagaranten Sukabumi dan Cerita Kantong Plastik untuk Muntah

Menurut Ridwan, kegiatan Pesta Rakyat Pakidulan sempat vakum selama tiga tahun akibat adanya Pandemi Covid-19, dan tahun ini kembali bisa terselenggara berkat dukungan semua pihak.

"Diantaranya Polsek Sagaranten, Koramil 0622-11 Sagaranten, Forkompimcam Sagaranten, UPTD, kepala desa Hegarmanah, unsur pemuda, ormas dan yang paling penting dukungan warga masyarakat Kecamatan Sagaranten, yang sangat antusias," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua panitia penyelenggara acara Pesta Rakyat Pakidulan, Rana Aprilia Darmawan mengungkapkan bahwa acara Pesta Rakyat Pakidulan kali ini dilaksanakan selama 8 hari 7 malam berturut turut yang dimulai hari ini 10 Agustus 2023, hingga tanggal 17 Agustus 2023 mendatang.

"Acara terdiri dari karnaval, upacara adat, kreasi seni masyarakat, live dangdut, napak tilas proklamasi, tabligh akbar, pagelaran wayang golek, turnamen bola voli dan turnamen sepak bola," ungkap Rana yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Hegarmanah itu.

Kemudian dalam acara puncak di tanggal 17 Agustus 2023 nanti, lanjut Rana, bakal diselenggarakan upacara peringatan detik detik proklamasi kemerdekaan dengan pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) terbaik yang dipilih dalam seleksi pelajar di seluruh sekolah tingkat SMU sederajat yang ada di Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT