Sukabumi Update

Dinas PU Perbaiki Irigasi Lahan Pertanian di Sagaranten Sukabumi

Dinas PU Kabupaten Sukabumi perbaiki Daerah Irigasi atau DI Cibodas yang mengaliri lahan pertanian di Desa Gunung Bentang Kecamatan Sagaranten. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi memperbaiki Daerah Irigasi (DI) Cibodas di Kampung Cibodas Desa Gunung Bentang, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023.

Kepala Desa Gunung Bentang, Jajat Sudrajat pembangunan DI Cibodas menggunakan anggaran sebesar Rp 3,5 M dan dikerjakan oleh pihak ketiga dengan waktu 180 hari kalender. Pengerjaannya sendiri, dimulai sejak akhir Juli 2023. Ia berharap, dengan adanya pembangunan irigasi yang dialiri Sungai Cibodas tersebut bisa meningkatkan produksi hasil pertanian.

"Kami atas nama warga, hanya sebagai penerima manfaat. Bahwa DI Cibodas merupakan sumber pengairan lahan pertanian dengan luas sekitar 35 hektare. Selain di Desa Gunung Bentang, juga mengairi pesawahan di Desa Sinar Bentang, Kecamatan Sagaranten diperkirakan 50 hektare," kata Jajat kepada sukabumiupdate.com, Jumat (11/8/2023).

Baca Juga: Tanggapi Keluhan Warga Surade, Dinas PU Sukabumi Perbaiki Ruas Jalan di Jampangkulon

Sementara itu, pelaksana dari CV. Insan Karya Mandiri, Eryck Afriady membenarkan anggarannya mencapai Rp3,5 Miliar. Pengerjaannya meliputi selimut beton di bendungan, saluran beton, talang besi, perbaikan sadap, hingga pengerjaan TPT.

"Ada yang rehab ada yang bangun, termasuk saluran beton. Terkait persentasenya, saya belum tahu persis, harus ke konsultan," jelasnya.

Terpisah, Kabid SDA Dinas PU Kabupaten Sukabumi Adi Setia Nugraha membenarkan bahwa kegiatan pengerjaan di DI Cibodas Desa Gunung Bentang menggunakan anggaran DAK dari Dinasnya.

"Betul, itu dari Dinas PU, menggunakan anggaran DAK," ujarnya singkat. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT