Sukabumi Update

Lega Warga Ciambar Melintas di Jalan Cibunarjaya Sukabumi

Jalan Cibunarjaya di Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Jalan Cibunarjaya yang ditunggu-tunggu akhirnya kembali bisa dilintasi oleh warga Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi pada Selasa (15/08/2023). Sebelumnya, Jalan Cibunarjaya sementara ditutup karena ada pengecoran hingga lalu lintas kendaraan dialihkan ke jalan alternatif.

"Alhamdulillah, kita sudah berhasil menyelesaikan progres pengerjaan jalan warga di Cibunarjaya yang dimulai sejak 4 Agustus sampai 11 Agustus 2023," ujar Humas PT Waskita Karya, Edi Abas.

Edi Abas awalnya memperkirakan pengerjaan kalan sepanjang 930 meter dengan lebar 4 meter dan ketebalan 15 cm itu hanya akan memakan tiga hari, tetapi kondisi lapangan dan tantangan seperti penanganan kendaraan pada tanjakan yang curam mempengaruhi jadwal. Lokasi pengecoran bahkan harus diubah karena kondisi yang tidak memungkinkan.

Baca Juga: Jaring Pesepak Bola Muda Berbakat, Askab PSSI Sukabumi Gulirkan Kompetisi

Selanjutnya, kata Edi, warga pun telah diberikan izin untuk menggunakan jalan tersebut, dengan catatan harus menjaga kelembaban beton melalui penyiraman pagi dan sore hari, lantaran keputusan untuk membuka jalan ini didasarkan pada permintaan warga.

"Warga meminta agar jalan ini segera dibuka, karena jalur alternatif yang lebih lebar sangat dibutuhkan mengingat keterbatasan jalur sebelumnya," ungkap Edi.

Menurutnya, faktor keselamatan juga menjadi pertimbangan utama dalam pembukaan jalan ini, terutama bagi anak-anak sekolah yang sering menggunakan jalan tersebut.

"Meskipun kami merekomendasikan waktu 7 hari bagi kendaraan roda dua dan 14 hari untuk kendaraan roda empat ke atas sebelum membuka jalan, kami melakukan evaluasi bersama tim berdasarkan kualitas jalan dan kebutuhan warga," kata Edi.

Baca Juga: Kekeringan, BPBD dan PMI Distribusikan 20 Ribu Liter Air Bersih Bagi Warga Cijurey Sukabumi

Keputusan akhir untuk membuka jalan lebih awal diambil setelah pertimbangan yang matang. Sebab, dengan dibukanya jalan Cibunar Jaya, diharapkan akan memberikan manfaat yang besar bagi warga setempat.

"Selain memberikan akses yang lebih luas bagi kendaraan bermotor, pembukaan jalan ini juga akan membantu anak-anak sekolah yang biasanya naik ojek di jalan tersebut," kata Ia.

Sebelumnya, biaya sekolah anak-anak tersebut meningkat karena harus melewati jalan yang lebih jauh. Keputusan untuk membuka jalan lebih awal telah diambil dengan mempertimbangkan kepentingan warga dan keselamatan pengguna jalan.

Baca Juga: Hendar Darsono Ajak Warga Sukabumi Pahami Perda Kepemudaan di Jawa Barat

Diberitakan sebelumnya, masyarakat Cibunarjaya dikejutkan dengan rencana penutupan sementara jalan utama di wilayah ini yang dijadwalkan akan berlangsung mulai 04 Agustus 2023 hingga 21 Agustus 2023.

Penutupan jalan yang meliputi ruas jalan Parungkuda-Langbow (dari pintu masuk jalan Ciambar dari gang ojeg sampai dengan jembatan pasir kerak) ditutup total dikarenakan pelaksanaan pengecoran infrastruktur 

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT